Minggu, November 18, 2012
0
Minggu 18 November 2012


Malam ini merupakan hari kedua jatah saya jaga pembayaran listrik di kampung bersama Mbak Viroh. Hari dimana saya tidak ada jadwal kuliah dan memang tanggal-tanggal bayar tagihan listrik warga memang sudah seharusnya jaga disini. Kegiatan ini rutin saya lakukan setiap bulannya pada sabtu dan minggu malam karena memang itu sudah menjadi agenda dari tugas kita sebagai anggota karang taruna yang mana sudah semestinya ikut membangun dan bersosialisasi dengan warga sekitar. Dan kegiatan ini sudah rutin saya lakukan selama lebih dari 2 tahun ini dan saya pribadi sangat menikmati tanggung jawab sosial ini. Karena bagaimana pun dengan majunya kampung sini secara tidak langsung saya juga merasakan dampak dan manfaatnya.

Malam ini dijadikan malam terakhir pembayaran tagihan listrik untuk bulan ini padahal semestinya masih ada besok malam pas tanggal 19 nya. Kita memang memberi batas pembayaran sampai pada tanggal 19 setiap bulannya karena untuk tanggal 20 nya kita langsung setor tagihan supaya tidak terlambat dan kena denda. Malam ini terakhir karena memang sebagian anggota karang taruna besok sore akan mengikuti pelatihan BPS dari pemerintah kota selama 3 hari 2 malam jadi besok tidak ada yang jaga, maka dari itu Pak RW mengambil keputusan demikian.

Tanggung jawab sosial ini kalau dirasa tidaklah seberapa namun kalau ditelaah secara mendalam kita seperti memikul harapan dan keinginan warga sekampung yang mana kita sebagai remaja nantinya dijadikan gardu terdepan dalam kelangsungan warga kedepannya. Yang mana sedari dini memang sudah dilatih untuk memikul tanggung jawab sekalipun nantinya beberapa diantara remaja disini yang pastinya keluar dari sini untuk sekedar mencari kepingan rupiah dikota orang dan menetap disana untuk beberapa waktu. Paling tidak ya secara tidak langsung kita bisa mengetahui kabar disekitar atau luar kampung melalui kegiatan ini, dan juga watak dan karakter masyarakat disini yang sangat kompleks sehingga kedepannya tidak begitu kaget kalau-kalau berhadapan dengannya untuk suatu urusan.

Jaga pembayaran tagihan listrik ini tidak begitu sulit sebenarnya karena sudah tersedia print out dari PLN, kita hanya diminta dengan sangat untuk teliti dalam membaca angka tagihan sehingga kitanya sendiri yang niat awalnya ingin meringankan beban masyarakat justru malah memikul yang bukan bagian kita. Meskipun kita seringnya bertegur sapa dengan para orang tua tidak jarang loh ada anak gadis yang kesini, lumayan lah buat melek mata (modus). Di sisi lain, nama kita sebagai warga masyarakat disana juga dijunjung sedikit lebih tinggi dari yang lain nya karena kita semua disini adalah pilihan para pemuka disini beserta perangkat desa. Jadi dengan bergabungnya saya disini cukup membuat saya pribadi sedikit bangga dan banyak sombongnya karena masyarakat masih mempercayai saya menjadi bagian dalam masyarakat ini.
Sedikit mengutip salah satu dialog film box office yang dimodifikasi, "di dalam kekuasan yang tinggi terdapat tanggung jawab yang besar" yang mana itu bisa kita jadikan cambuk pelajaran kedepannya dalam hal menghadapi dunia yang keras dan kejam ini. Bahwasanya setiap apapun yang dibebankan kepada kita senantiasa akan dimintai pertanggung jawabannya kelak.
Sweet dream guys,

AHMAD NURUS SIROT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email