Rabu, Februari 06, 2013
0
Minggu, 03 Februari 2013



Gowes atau kegiatan bersepeda adalah salah satu hobi yang mulai populer akhir-akhir ini. Pada awalnya, kegiatan bersepeda dilakukan untuk sekedar menjaga kesehatan. Banyak event yang juga menunjang, misalnya fun-bike, atau yang memang sengaja bersepeda gunung dengan safety yang tidak main-main. Namun seiring perkembangan jaman, kegiatan bersepeda ini berubah menjadi gaya hidup dan hobi yang ditekuni. Bahkan sebagian orang rela untuk merogoh koceknya demi memodifikasi sepeda atau membeli, dan bahkan memesan khusus pada perakit sepeda.
Dan hari ini sengaja bangun sangat pagi sekali untuk memeriahkan program kerja yang entah dari KorCam (Koordinator Kecamatan) KKN Kecamatan Tembalang atau dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masrayakat) atau bahkan ini program dari Pak Camat Tembalang, Drs. Pravata Sadman yaitu sepeda santai yang mana sekarang lebih dikenal dengan istilah Gowes. Sedikit was-was karena tidak terbisa olahraga apalagi bersepeda dengan jarak beberapa kilometer mengelilingi seputaran Tembalang. Bukan bagaimana juga saya sudah lama sekali tidak memegang sepeda apalagi menaikinya. Namun dengan doa dan ketetapan hati, saya menetapkan berkeliling Tembalang bersama tim KKN se Kecamatan Tembalang.
Dari kegiatan tersebut, setidaknya kita mampu mengambil dua kesimpulan, yaitu berkah dan musibah bergowes ria.
  • Berkah
  1. Jantung Sehat, Olahraga sepeda berkaitan erat dengan peningkatan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung serta menurunkan resiko penyakit jantung koroner.
  2. Otot Kencang, Olahraga bersepeda sangat baik untuk mengencangkan dan membangun otot terutama di bagian bawah tubuh seperti betis, paha, dan bagian belakang.
  3. Pinggang Ideal, bersepeda dapat membakar banyak kalori yang efektif dalam membantu penurunan badan serta mampu meningkatkan metabolisme tubuh.
  4. Umur Panjang, banyak riset menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin berkaitan dengan penambahan usia.
  5. Koordinasi Tubuh, Kegiatan mengayuh dan mengendalikan mengayuh merupakan praktik yang baik untuk melatih keterampilan koordinasi tubuh kita.
  6. Mental Sehat, Bersepeda juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental.
  7. Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat, Bersepeda dapat memperkuat sistem kekbalan tubuh sekaligus menjadi alat proteksi terhadap jenis penyakit kanker tertentu.
  • Musibah
Musibah Disini hanya berlaku buat saya yang notabene jarang olahraga dimana beberapa jam setelah bergowes ria muncullah petaka di pantat seksi nan indah ini, rasanya pegal semua dan sangat tidak nyaman buat duduk terlebih lagi di lantai. Dan musibah berlanjut dengan kaki kedua sisi yang juga ketularan pegal-pegalnya.

Salam olahraga,

AHMAD NURUS SIROT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email