Jumat, Maret 15, 2013
1



Bekerja adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan, paling sedikit dikerjakan satu jam tidak terputus selama seminggu. Bekerja adalah suatu upaya yang sungguh-sungguh dengan mengerahkan seluruh aset, fikir dan dzikirnya untuk mengaktualisasikan atau menampakkan arti dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang terbaik.
Bekeja sebagai ibadah adalah sikap mental yang harus dibangun untuk mendapatkan manfaat dari pekerjaan yang dilakukan. Bekerja adalah pelayanan ; aku bekerja paripurna penuh kerendahan hati, mensyaratkan penghayatan yang bersifat transendental. Maksudnya adalah kerja seyogyanya dimaknai melampaui pengertiannya yang lazim, melewati maknanya yang biasa, dari kerja sebagai kegiatan mencari nafkah belaka menjadi aktivitas yang memberi kegembiraan, menyediakan penghargaan dan menyajikan kemuliaan kepada mereka yang menikmati layanan tersebut.

Bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan milik orang lain sangatlah jauh berbeda manakala bekerja pada usaha keluarga. Dari segi tanggung jawab serta fungsi juga beda. Masing-masing mempunyai karakter sendiri-sendiri yang sangat kontras perbedaannya. Bekerja bersama anggota keluarga sendiri mungkin memang sedikit menguntungkan dimana waktu yang lebih fleksibel sekalipun tanggung jawab sama besarnya. Usaha keluarga ini sebenarnya cukup lambat dan sulit untuk berkembang karena kekuatan ego masing-masing individu keluarga yang kebanyakan sedikit kolot.
Bekerja dengan orang lain memberi warna lain dalam keseharian. Pola pikir dan sistem kerja yang teratur nyatanya mampu membuat kita lebih disiplin dalam bekerja. Lebih bertanggung jawab karena adanya atasan atau pimpinan yang mengawasi, terlebih lagi adanya loyalitas terhadap perusahaan semakin menumbuhkan semangat kerja para karyawan. Permasalahan yang terjadi di internal perusahaan juga memberikan dampak mental dan psikis karyawan secara tidak langsung.
Bekerja di perusahaan orang lain dibutuhkan semangat lebih, skill juga mental yang besar. Harus bisa bersinergi dengan teman tim namun juga harus cakap serta kompeten saat bekerja perorangan. Dengan kerja ikut orang lain sudah seyogyanya kita patuh dan taat dengan aturan yang berlaku. Jangan berlaku seenak hati kita dan semau kita karena kita kerja dibayar bukan pembayar.

Salam pekerja,

AHMAD NURUS SIROT

1 komentar:

  1. entuk gambar ngono wi soko ngendi Rot? Dikasih link "gambar ini diperoleh dari... " dong..

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email