Minggu, Juni 02, 2013
0


Selama kita masih hidup, kita akan senantiasa dihinggapi berbagai masalah. Masalah-masalah yang sebenarnya adalah untuk mendewasakan pemikiran kita. Dari pemikiran kita yang kekanak-kanakan dimana yang diketahui hanyalah bermain dan bersenang-senang menjadi pemikiran dewasa yang lebih bertanggung jawab dalan segala hal. Memang sejatinya berpikiran dewasa merupakan pilihan namun hal tersebut bakal menghinggapi kita sejalan dengan bertambahnya umur kita. Meskipun tidak jarang orang dewasa yang masih terjebak pemikiran kekanak-kanakan.
Selama kita masih bernyawa, kita akan selalu hidup dalam lingkungan sosial. Siapapun kita dan dimanapun kita pasti membutuhkan dan dibutuhkan orang lain. Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa ketergantungan tersebut bahkan terbawa sampai sudah tidak bernyawa lagi. Lingkungan sosial yang erat kaitannya dengan sesama manusia ini akan terus ada dan tidak bakal hilang seiring bergantinya zaman.
Selama kita masih diberi umur panjang, kita akan meninggalkan masa lalu dan menjalani masa sekarang serta berjalan terus ke arah masa depan. Masa lalu tidak selantasnya dibiarkan berlalu saja, kita bisa ambil hal-hal yang positif dan membuang hal-hal yang negatif. Masa sekarang kita lalui dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dimasa depan kita bisa menikmati jerih payah kita di masa lalu.
Di dunia ini kita dilahirkan sendirian, begitu pula saat ajal menjemput. Namun yang perlu diingat dalam prosesi-prosesi tersebut adalah terdapat orang-orang yang menyayangi kita saat prosesi tersebut berlangsung. Sudah sepantasnya kita melakukan yang terbaik untuk orang-orang yang berada di sekitar kita pula. Dimanapun tempatnya, siapapun kita, kerikil-kerikil kecil senantiasa membayangi perjalanan kita namun dengan bekal otak dan kemampuan lebih yang Tuhan berikan kepada kita senantiasa dapat dijadikan tolak ukur dalam mengatasi maupun mengambil hikmah dari kerikil-kerikil kecil tersebut.

salam,

AHMAD NURUS SIROT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email