Rabu, Februari 04, 2015
2

Normalnya, siklus kehidupan terbagi atas tiga masa. 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk kehidupan sosial, 8 jam umtuk istirahat. Namun apa jadinya kalau siklus tersebut berubah dan malah menjadi sebuah gangguan. Insomnia, gangguan tidur yang hampir pernah di derita semua orang ini memang memaksa kita untuk selalu terjaga tanpa diketahui penyebabnya. Di mulai dari iseng begadang menanti acara televisi yang tayang larut malam atau dini hari dan lama-lama menjadi kebiasaan buruk yang berbahaya.
Efek dari insomnia tidaklah langsung dirasakan selain rasa kantuk, namun lama-kelamaan membuat bumerang bagi tubuh dan kesehatan kita sendiri. Tidak tanggung-tanggung berbagai gangguan kesehatan serius pun siap menghinggapi kalau kebiasaan buruk tersebut masih di jalankan. Terlebih lagi bagi anak muda yang masih terlihat bugar yang terkadang dibantu minuman penambah stamina penyuplai energi yang seharusnya di istirahatkan, akan semakin memperberat kinerja tubuhnya.


Beberapa dampak dari seringnya begadang diantaranya tingkat konsentrasi menurun, meningkatnya serangan jantung, stroke, diabetes, gairah seks menurun, depresi, mempengaruhi kesehatan kulit, pelupa, tubuh jadi melar, hingga berpotensi besar meningkatkan resiko kematian. Seriusnya dampak kebiasaan buruk tersebut menjadikan pelajaran kita untuk sebisa mungkin menghindari yang namanya begadang. Sekali saja tidak masalah namun jangan berlanjut keesokam harinya lagi dan menjadi sebuah kebiasaan.
Gangguan tidur bisa diminimalisir dengan hal-hal dan kegiatan positif, diantaranya olah raga yang terartur, hindari penggunaan gadget berlebih di malam hari, buat tempat tidur senyaman mungkin, hindari minuman yang mengandung stimulan seperti kafein dan alkohol, memutar lagu-lagu ringan atau membaca buku dan yang terpenting sadar akan dirinya sendiri bahwa kita bukan robot sehingga harus memaksimalkan waktu tidur 7-8 jam sehari.

Salam Blogger

2 komentar:

  1. Yoi, gara2 ngegame, jadi berantakan jadwal tidurkuuu.. Dan jam segini pun diriku gak ngantuk sama sekali hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesehatannya dijaga mas ndop, seng penting jam istirahat cukup ndak kurang mas.

      Hapus

Twitter

Follow by Email