Kamis, Januari 22, 2015
22


Tahun 2015 sudah berjalan hampir sebulan ini, hingar-bingar pergantian tahun masih membekas di pikiran. Bulan Januari di 2015 ini sepertinya jarang ada postingan liburan, baik pribadi maupun teman-teman yang hobi keluyuran juga. Mungkin masih dalam suasana tekanan kerja awal tahun sehingga banyak hal yang harus segera dikerjakan dan tuntaskan. Mengingat bulan Januari hampir usai, tidak ada salahnya mulai merencanakan liburan dong. Sebagai pertimbangan dan bahan wacana, ada kalanya bisa mampir ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan atau TIC (Tourist Information Center) masing-masing daerah untuk bisa mengetahui sederetan acara yang bakal diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah seperti yang saya lakukan hari ini.
Berbekal buku Calender of Events 2015 : Jawa Tengah yang di dapat dari TIC Semarang tadi siang, saya mendapati 97 acara bakal terselenggara di seluruh Jawa Tengah ini selama tahun 2015. Acara tersebut merupakan acara resmi yang dihadirkan Pemerintah Daerah dalam menjunjung tradisi dan kebudayaan masing-masing di luar acara yang pasti diselenggarakan pihak-pihak swasta nantinya. Dari buku ini pun saya mendapati hal yang membuat hati sedikit meringis dimana Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang hanya menyelenggarakan 5 acara, masih kalah dari Kabupaten Karanganyar dan Kota Surakarta yang bakal menyelenggarakan acara 2 kali lipat dari Kota Semarang.


Berikut sederet acara yang bakal terselenggara di Kota Semarang selama tahun 2015 :


Nomor
Bulan
Agenda
Keterangan
01
FEBRUARI 2015
Festival Durian Mijen (Mijen, Semarang)
Festival Durian yang digelar sebagai ajang pameran durian local maupun dari daerah. Pengunjung dapat menikmati kelezatan buah durian serta menyaksikan atraksi budaya dan perlombaan durian unggulan
02
02 MEI 2015
Semarang Night Carnival (SNC) (Jl. Pemuda Semarang)
SNC diikuti oleh ratusan peserta dengan kostum penuh kreasi dan penuh warna. Karnaval berlangsung malam hari dengan menyusuri jalan Pemuda – Tugu Muda -  Jl. Pandanaran – hingga berakhir di Simpang Lima
03
MEI 2015
Festival Banjir Kanal (Banjir Kanal Barat, Semarang)
Festival Banjir Kanal dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Semarang yang disemarakkan dengan festival perahu hias, festival lampion dan beragam seni dan budaya.
04
15 JUNI 2015
Dugderan (Balaikota Semarang)
Tradisi yang telah berlangsung selama ratusan tahun dan dilakasanakan menjelang bulan Ramadhan yang diwujudkan dengan keramaian pasar malam. Pada 1-2 hari sebelum masuk bulan Ramadhan diselenggarakan karnaval dengan ikon Warag Ngendhog ini selalu merebut perhatian pengunjung.
05
AGUSTUS 2015
Festival Gambang Semarang (Mall Ciputra Semarang )
Event perlombaan Lomba Gambang Semarang, yakni alunan music perpaduan gamelan kendang, kulintang, kenong, pelok, saron, gong, rebab, serta flute




Semoga apapun yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Daerah Kota Semarang mampu berjalan dengan baik dan kita sebagai masyarakat Semarang harus bangga dan bersedia ikut serta memajukan agenda-agenda yang akan segera terealisasikan. Sebagai Blogger Semarang, saya siap sedia mensukseskan agenda tahunan yang sudah disiapkan dan agenda-agenda lain yang bakal pihak swasta acarakan.

Salam Blogger

22 komentar:

  1. Semarang memiliki banyak acara dalam memperkenalkan wisatanya, agenda wisatanya tersusun dgn baik, maju wsata semarang dan seluruh indonesia pastinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejujurnya untuk acara resmi dari pemerintah setempat, Semarang masih kalah dari Kota Surakarta (Solo) dan Kabupaten Karanganyar. Namun kalau ditambah agenda lain dari pihak swasta, Semarang memang selalu penuh acara mas. Ayo, kapan mau ke Semarang nih mas?

      Hapus
  2. Huum, acaranya yummy, tinggal menyambut. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak dini, kita ramaikan agenda Semarang

      Hapus
  3. Ya di Jkt juga yg bikin agenda wisata makin meriah pihak swasta & komunitas, dg kegiatan2nya masing2 :) semoga nanti ada acara2 lain dari pemkot Semarang, kali aja belum sempet dimasukin ke calendar of events... @RuriOnline

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunitas maupun pihak swasta pasti selalu bikin agenda di Semarang. Calender of Events itu setahuku memang dari masing-masing pemerintah daerah jadi itu agenda2 pemerintah, swasta dan komunitas tidak dimasukkan karena acara mereka tidak selalu pasti.

      Hapus
  4. 97 acara untuk tahun 2015? Wow, menarik sekali. Kalian pada dapet yah kalendernya? Hmm, Semarang Night Carnival kayaknya seru.
    @rin_mizsipoel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku Calender of Events itu diterbitkan setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masing-masing provinsi mbak. Dan buku itu gratis, jadi siapapun boleh ambil selama persediaan masih ada. Semarang Night Carnival (SNC) memang menjadi daya tarik tersendiri, baik warga Semarang, Jawa Tengah, maupun luaran. Acaranya ramai dan menghibur loh, temanya berbeda setiap tahunnya. Awal Mei nanti kesini mbak, kita lihat pagelarannya SNC rame-rame. Hehehehehe

      Hapus
  5. Gila..... Jawa tengah acaranya padet banget, ada 97! jadi kepengen mampir ke jawa tengah nih. hihi

    Mau Nanya mas, Dugderan itu kayak apa kegiatannya? apakah semacam acara syukuran atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas, mampir Semarang dan nikmati segala potensi yang tersaji. Dugderan itu semacam pasar malam, jadi banyak orang jualan berbagai kebutuhan dan juga aneka mainan.

      Hapus
  6. Bagus sekali informasi dari kota mas lengkap dan baik sekali. Acaranya padat ya samapai segitu banyaknya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas, bisa dijadikan alternatif masyarakat menikmati liburan dan juga para wisatawan untuk menyempatkan melihat tradisi, kesenian dan budaya daerah. Mampir ke Semarang dan Jawa Tengah yuk mas.

      Hapus
  7. Wah ini dari Semarang ya? Salam kenal buat Asmarie dari komunitas Blog Detik Semarang. Dari dulu pengen banget kesini cuma belum kesampaian. Kebetulan ibu saya asalnya dari Cepu, Blora. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo berkunjung ke Semarang.. Pas berbarengan acara kita nanti kopdaran bareng blogger Semarang. *salam buat mas ari sudah saya sampaikan yah :)

      Hapus
  8. wah keereeen semarang mah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap daerah memiliki potensi dan semuanya keren-keren kang.

      Hapus
  9. ehh festival duren *ngiler hehee
    dibengkulu juga banyak duren loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acaranya bulan depan loh mbak. Ayo mampir ke Semarang

      Hapus
  10. Wooh, ternyata satu daerah toh sama penyelenggara LBI 2015, keren keren! :D

    @IfanAndriP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas. Ada mbak Dini juga dari Semarang kok.

      Hapus
  11. Tradisi Dugderan dulu di daerahku Nganjuk juga ada dalam menyambut bulan Ramadhan tapi beda konsep "dugderan" di sini, tiap masjid menabuh beduk dengan irama tapi sekarang sudah ga ada.. Wah penasaran sama "Dugderan" di Semarang.

    Salam. adibriza.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas berkunjung ke Semarang. Ajak mas ndop..

      Hapus

Twitter

Follow by Email