Rabu, Januari 28, 2015
33
Foto BN 2013 (aditya-web.com)

Kopi darat (Kopdar) merupakan agenda rutin sebuah komunitas yang bertujuan untuk saling menjaga tali silaturrahmi, saling berbagi dan sharing pengalaman atau kegiatan. Kopdar selalu dinanti oleh para anggotanya, kebersamaan yang membangun menjadi poin utama mereka sangat antusias. Tidak terkecuali para blogger, banyaknya komunitas blogger di daerah mempunyai cerita tersendiri dalam menggandeng anggotanya memajukan daerahnya masing-masing.
Kekuatan blogger dalam membranding sudah tidak diragukan lagi keberadaannya. Semakin banyak blogger aktif di daerahnya, maka akan memberi nilai lebih daerah tersebut. Segala potensi dan kekayaan daerah akan cepat menyebar di belahan dunia dan secara tidak langsung akan membantu menambah pendapatan asli masing-masing daerah. Blogger di berbagai daerah tidak bisa hidup sendiri-sendiri, mereka bersatu dan saling bahu-membahu mengangkat segala potensi yang ada. Untuk itulah acara kopdar sangat dinanti oleh semua blogger.

Foto : SemarBlogFest (Dotsemarang.com)

Penting tidak event-event blogger?
Seperti yang diuraikan di atas, bahwa event blogger semacam Kopdar sangat diperlukan sekali. Apalagi kalau eventnya skala nasional, banyak manfaat yang bisa dipetik dari acara tersebut. Selain sebagai ajang silaturrahmi antar blogger, event tersebut juga bisa saling berbagi pengalaman, bertukar pendapat, sarana pembelajaran, tambah pertemanan dan pengetahuan, dan yang paling mujur adalah bisa dapat jodoh *eh.

Blogger Nusantara 2013 (BN2013), event kopdarnas pertama.
30 November - 01 Desember 2013 silam bertempat di Yogyakarta, pertama kalinya saya ikutan Kopi darat Nasional (Kopdarnas) dalam acara Blogger Nusantara. Event yang mengumpulkan blogger-blogger dari berbagai daerah di Indonesia itu menarik minat saya untuk bergabung, terlebih lagi lokasi penyelenggaraan yang cukup dekat dari Semarang. Di acara tersebut saya beruntung bisa bertemu dan berkenalan secara langsung blogger-blogger hebat seperti mas Dzofar, mas Wahyu Alam, Mbak indah Juli, mas Asmari, Mas Whiz, dkk. Selama pagelaran berlangsung, saya justru banyak menghabiskan waktu dan belajar dari blogger madura ( Plat M) dan juga blogger Ponorogo.

Harapan event blogger di 2015.
Dengan bergulirnya liga blogger Indonesia, berharap sekiranya Semarang Blogger Festival (SemarBlogFest) bisa terwujud sehingga para blogger yang bertanding disana bisa berkumpul dan merayakan kehebatan, kehangatan dan keakraban bersama warga Semarang. Absennya Blogger Nusantara di 2014, semoga terobati dan dihadirkan lagi di tahun 2015. Melihat terdapat salah satu daerah yang siap menggelar BN, Bojonegoro (jawa Timur) hanya berharap semoga tekad dan perjuangan mereka di ijabah Yang Maha Kuasa dan bisa menggandeng blogger-blogger salam satu event blogger nasional.

Salam Blogger

33 komentar:

  1. keren ulasanya, ajang event blogger mempertemukan kita dalam dunia nyata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut buat orang-orang yang menyatukan kita mas.

      Hapus
  2. wahh ternyata banyak ya blogger LBI 2015 yg ikutan blogger nusantara
    semoga semakin semangat utk ikutan event y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih ternyata banyak alumni Blogger Nusantara ya di LBI :D @RuriOnline

      Hapus
    2. Chikaren : iya nih.. kaget juga ternyata pada ikutan. Semoga bisa berkumpul lagi yah..

      Hapus
    3. Mbak ruri : super sekali pokoknya. Semoga BN2015 bisa diselenggarakan lagi yah biar bisa ketemu bareng-bareng.

      Hapus
    4. kalo aku nggak ikutan sih BN wktu itu, hehhe
      moga klo diadakan lg aku bisa ikutan

      Hapus
  3. iya wacana saat BN2013 kalo Blogger Bojonegoro siap. Semoga bisa terlaksana. Soale Nganjuk-Bojonegoro deket, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Bojonegoro siap dan terlaksana. *jauh dari semarang

      Hapus
    2. Pake kereta, sejalur dan cepat kok hehe

      Hapus
    3. Seharusnya gitu mas, semoga kalau beneran di Bojonegoro bisa ikutan.

      Hapus
  4. Wah iya iki bener, peserta LBI di kumpulin di Semarang.......... setuju lah.

    @rizalarz >>> http://bit.ly/1y3bPE2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dapat donasi besar sehingga SemarBlogFest siap di gelar dan blogger pada bisa hadir.

      Hapus
  5. amin semoga dapat yang erbaik ya kak

    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Semoga ada lagi kopdarnas blogger di tahun ini :) tulisannya bagus mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget yah tahun kemarin gak ada event Kopdar Nasional. Semoga tahun 2015 ini ada lagi KopdarNas yang memfasilitasi kopdar blogger...

      Hapus
    2. Aamiin. Biar nantinya bisa kopdar bareng-bareng mas.

      Hapus
  7. Lho komenku kok ada dikolom balasan hehe...

    KOmen lagi deh haha..
    Sayang banget yah tahun kemarin gak ada event Kopdar Nasional. Semoga tahun 2015 ini ada lagi KopdarNas yang memfasilitasi kopdar blogger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kopdarnas bisa diselenggarakan di 2015 ini dan kita bisa kopdaran bareng.

      Hapus
  8. Ikutan BN waktu pertama kali aja di Sidoarjo tahun 2010, sensasinya ruar biasa. Setelah itu tidak pernah ikut lagi karena tidak diundang. Hahahaha... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru ngeblog 2012 dan tahun itu ada BN yang di Makassar dan gak ikut. BN jogja baru ikut. Event BN kan gak perlu undangan mas, tinggal daftar aja.

      Hapus
  9. sayangnya waktu itu (BN2013) kita belum kenal, jadi ga ketemu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalipun kenal belum tentu ketemu kan mas, sibuk ngurusi BN soalnya.

      Hapus
  10. Gimana kalo ada kopdar peserta LBI 2015 tempatnya dimana yang siap?

    BalasHapus
  11. Sepertinya BN2015 akan segera terwujud, sekarang sudah masrak hastag BN2015

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan semoga benar terwujud dan mengobati kerinduan blogger

      Hapus
  12. Iihhhh,... seneng banget bisa ikut BN 2013, tahun ini adaain di Medan aja
    @rin_mizsipoel

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email