Selasa, Maret 17, 2015
1

Taman ini berada di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Taman rekreasi sekaligus taman edukasi terbesar di Yogyakarta ini selalu menjadi rujukan wisata sekolah-sekolah serta masyarakat umum yang notabene memiliki anak usia sekolah. Taman yang selalu buka setiap hari selasa-minggu ini merupakan taman segala usia yang sangat positif dan mendidik. Selain mendapatkan pengalaman lahiriah, kita semua juga mendapatkan nutrisi otak.


Memasuki taman pintar kita akan disambut Gong Perdamaian Nusantara yang megah dengan hiasan air yang cantik dimana sebelah kanan dan kirinya terdapat cetakan tapak tangan dan kaki Presiden Republik Indonesia ke-2 sampai ke-6 (khusus Presiden pertama cetakan wajah dan presiden ketujuh masih kosong). Di gong sendiri terdapat tana 5 agama serta lambang provinsi, kota dan kabupaten se Indonesia. Tanah yang digunakan sebagai pondasi gong diambil dari tanah di 33 provinsi di Persada Nusantara.


Taman pintar sendiri terdiri atas beberapa gedung, diantaranya adalah area playground yang luas untuk anak-anak bermain. Pada area ini gratis dan tidak dipungut biaya jadi banyak orang tua yang mengajak anaknya kesini. Gedung PAUD berisikan peralatan peraga dan permainan edukatif khusus PAUD, pra TK maupun anak TK. Dimana pada gedung sebagian besar bekerja sama dengan beberapa Universitas di Yogyakarta seperti UGM.


Gedung Memorabilia berisikan peralatan peraga pengetahuan sejarah Indonesia. Di dalamnya terdapat sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, Tokoh-tokoh penting Indonesia maupun biografi singkat Presiden RI. Gedung Oval dan Kotak berisi peralatan peraga berbasis edukasi sains. Mulai dari jaman prasejarah, ilmu fisika, BMKG, simulasi gempa, tatanan tata surya, otomotif, nuklir, PLTU, PLN, dsb. Gedung Planetarium terdapat peralatan peraga film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya.
Tarif tiket Masuk Gedung Oval-Kotak dan Memorabilia adalah Rp 18.000,- per orang, Planetarium Rp 15.000,- dan Teater 4D sebesar Rp 20.000,- per orang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk pelajar guna mendukung pengetahuan dari luar sekolah.

Salam Blogger

1 komentar:

  1. iki lak panggone pinggir ndalan yaa.. wah koyoke kurnag menarik. hahahhaha

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email