Sabtu, Desember 02, 2017
10

Akhir bulan November saya berkesempatan mengunjungi Stasiun Besar Poncol Semarang, salah satu ikon pariwisata Kota Semarang sekaligus salah satu transportasi favorit kala akan berkunjung ke kota lumpia ini. Yah, kedatangan saya tidak lain tidak bukan ikut berburu tiket liburan karena awal Desember kita disuguhi long weekend yang sangat sayang dilewatkan. Hitung-hitung juga sebagai pereda stress atas kerja keras selama ini yang hampir selalu pulang malam. Tidak ada yang spesial sebenarnya mengenai pemesanan tiket di Stasiun Poncol Semarang ini, tetapi ada sedikit yang beda. Barangkali, tulian saya ini bermanfaat untuk pembaca yang akan melakukan pemesananan tiket via loket langsung.


Yang pertama saya kerjakan adalah ambil antrian karena tiket antrian ditutup jam 3 sore. Kemudian isi data di formulir pemesanan tiket dengan benar sesuai kartu identitas (KTP atau SIM). Setelah selesai tinggal menunggu nomor antrian kita dipanggil. Yang berbeda kali ini adalah kita tidak akan langsung dilayani di loket. Formulir pemesanan tiket dan nomor antrian hanya di stempel saja, kemudian kita dialihkan di loket 1 - 3 (loket keberangkatan hari ini). Namun sepertinya itu hanya berlaku untuk kereta jarak dekat atau kereta lokal saja. Untuk tujuan kereta jarak menengah dan jauh akan tetap di layani di loket 4 dan 5 seperti biasanya.
Pastikan kalian sudah mengambil nomor antrian dan mendapat stempel sebelum mengajukan formulir tiketnya, kalau belum punya maka kalian akan dipaksa untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu dan meminta stempel di loket. Tentunya sesuai nomor antrian dan harus dipanggil dulu, jangan suka menyerobot antrian orang lain dan budayakan antri. Tiket kereta nya pun sekarang sudah berganti, dari yang dulu agak panjang dan tebal sekarang sangat tipis dan hanya seukuran kertas ATM. Itu tanda nya bagus, karena pihak KAI mulai menghemat kertas dan ramah lingkungan.

Salam

10 komentar:

  1. infonya sangat membantu, terima kasih

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dan semoga bermanfaat infonya. Btw, ada info terbaru mengenai tulisan ini. Silahkan di cek tulisan terbaru saya.

      Hapus
  3. Bisakah pesan tiket sehari sebelum keberangkatan?

    BalasHapus
  4. Bisakah pesan tiket sehari sebelum keberangkatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok asalkan tiketnya masih tersedia. Cek tulisan terbaru saya mengenai tulisan saya ini kalau ingin membeli tiket di stasiun langsung. Terima kasih.

      Hapus
  5. Mohon infonya tentang kereta api Kedung sepur / kereta PP ke Ngrombo - Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bias baca tulisan saya yang lainnya ---> https://iyothworld.blogspot.com/2018/10/khusus-tiket-ka-kalijaga-dan-kedungsepur.html

      Hapus

Twitter

Follow by Email