Rabu, Agustus 16, 2017
1

Adalah hal yang wajar setiap mahasiswa memiliki kartu mahasiswa kala masuk pertama kali di dunia perkuliahan. Kartu tersebut sangat berguna selama masih menjadi mahasiswa karena akan terus digunakan untuk banyak hal baik urusan akademik maupun di luar kampus. Dan biasanya kartu tersebut menjadi satu bagian dengan sebuah ATM. Namun tidak semua seperti itu, hanya Universitas yang bekerja sama dengan Bank-bank tertentu saja misalnya Univesitas Semarang (USM) dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk.
Dan apa yang terjadi ketika sudah tamat dengan kuliahnya? Yang perlu diingat adalah kartu mahasiswa tersebut (yang sekaligus sebagai kartu ATM) memiliki masa berlaku 5 tahun sejak diterbitkan. Setelah selesai masa studi nya dan ATM masih terdapat saldo serta aktif setiap bulannya maka yang harus kita lakukan adalah konversi tabungan kita. Ini berlaku jika kita masih ingin menggunakan tabungan tersebut sebagai bagian dalam investasi kita. Ada 2 jenis tabungan konversi dari Tapma (Tabungan Mahasiswa) yaitu BNI Taplus Muda dan BNI Taplus.
BNI Taplus Muda ini diperuntukkan masyarakat umum dengan usia maksimal 25 tahun. Tabungan ini cocok menjadi tabungan konversi pertama dari Tapma. Kelebihan dari tabungan ini adalah biaya administrasi rekening bulanan yang cukup murah, hanya Rp 5.000,-. Tabungan ini sudah cukup baik mengcover semua kegiatan perbankan kita sehari-hari. Fasilitas yang diberikan pun hampir sama dengan tabungan jenis profesional terbitan BNI.


Dan yang paling umum adalah BNI Taplus. Tabungan ini diperuntukkan masyarakat luas dari berbagai umur. Yang harus diingat sekali lagi adalah ATM BNI memiliki masa kadaluwarsa 5 tahun dan harus diganti. Begitu pula dengan BNI Taplus Muda, setelah masa aktif berakhir maka secara otomatis harus dikonversi ke Tabungan Plus (Taplus). BNI Taplus sendiri memiliki 3 varian tipe kartu debit yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Maisng-masing kartu hanya berbeda di limit penggunaan kartu transaksi atm dan belanja serta biaya administrasi rekening bulanannya.
Tahapan konversi tabungan ini adalah kita harus mendatangi bank penerbit kartu mahasisa (Tapma) atau Taplus Muda. Setelah di Customer service utarakan keinginan kita untuk konversi tabungan sembari menyerahkan buku tabungan lama beserta kartu atm dan ktp asli kita. Setelahnya kita diminta menandatangani surat keterangan konversi tabungan, sembari dijelaskan jenis kartu dan fasilitas tabungan plus (Taplus) yang akan kita ambil. Sembari proses berlangsung kita diminta untuk mengunduh aplikasi BNI Mobile Banking dan akan dipandu CS nya untuk diaktifkan bersamaan dengan tabungan plus(Taplus) kita.
Proses sekitar 30 menitan dan tabungan plus (Taplus) kita sudah jadi dan aktif. Sembari mendapatkan tabungan dan atm baru, tabungan dan atm lama kita juga kan diserahkan kembali sebagai kenang-kenangan kita selama kuliah. Sudah konversi tabungan kah kalian?

Salam 

1 komentar:

Twitter

Follow by Email