Kamis, Desember 25, 2014
0

21 Desember 2014 merupakan puncak pameran alutsista dari TNI AD Semarang dalam rangka peringatan HUT TNI AD 2014. Berlangsung sejak tanggal 19 Desember 2014 di lingkup Sekolah Penerbad di Kawasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.
Akses yang mudah membuat ratusan masyarakat Semarang berbondong-bondong menghadiri pameran ini, apalagi acaranya gratis. Momentum ini dijadikan para orang tua liburan bersama anak-anaknya melihat-lihat pesawat TNI maupun pesawat komersil secara langsung.

Dipilihnya Kawasan bandara dikarenakan selain memiliki lokasi yang sangat luas juga karena disana merupakan tempat sebagian besar alat pameran disimpan. Ekspektasi saya adalah dalam pameran ini akan ditampilkan peralatan TNI AD yang super canggih namun malah beberapa pesawat jenis lama yang sepertinya sudah tidak beroperasi lagi walau nampak sedikit gagah.
Tempat parkir di luar bandara (meski disediakan parkir dalam sekitar arena pameran) dengan tarif Rp 3.000,-. Dari tempat parkir menuju pameran yang cukup jauh disiasati dengan berbagai armada seperti bis, truck, mobil gratis untuk menampung pengunjung menuju ke lokasi pameran. Walau harus berdesak-desakan namun lumayan dari pada harus jalan jauh dan berpanas-panasan.


Di area pameran terdapat berbagai macam peralatan tempur maupun pertahanan yang digunakan untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI terutama di Semarang. Setiap alutsista dijaga siswa dari Sekolah Penerbad maupun anggota TNI yang sangat ramah dan kerap kali diajak berfoto ria oleh masyarakat. Di beberapa hanggar pesawat juga diisi beberapa stand yang berhubungan dengan pameran alutsista. Kemeriahan nampak dari stand Sekolah Penerbad yang mengadakan live music dari siswa sembari mengenalkan sekolah mereka.


Panggung utama berada di dekat pintu masuk pameran yang kala itu diisi berbagai atraksi parade musik pelajar. Berjejer di depan kanan-kiri panggung aneka jajanan ringan sampai berat serta beberapa stand sponsor acara ini. Sekalipun cuaca disana sangat panas namun antusias masyarakat patut diacungi jempol.


Yang menjadi catatan saya disini adalah lokasi pameran yang berada di Kawasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang perlu dievaluasi. Besarnya minat masyarakat yang menyaksikan pameran alutsista ini berujung kemacetan menuju dan keluar bandara. Masyarakat yang ingin bepergian dengan pesawat dikhawatirkan bisa tertinggal pesawat akibat macetnya jalanan bandara. Selain itu juga keterbatasan tempat sampah menjadi problematika tersendiri. Apapun acaranya, dimanapun tempatnya selama nampak sampah berserakan akan mengurangi nilai dari acara tersebut.

Salam Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email