Minggu, Desember 10, 2017
0

Berlangsung hingga 17 Desember 2017 nanti, Pasar Rakyat 2017 ini wajib masuk dalam list tempat yang harus dikunjungi ketika anda berada di Kota Solo (Surakarta). Salah satu jenis hiburan malam ala zaman dahulu dengan segala pernak-pernik dari masa dahulu yang mungkin untuk anak milenial tidak mengetahuinya banyak tersaji disana. Jujur sebagai anak generasi 90an ini merupakan hiburan tersendiri ketika bisa bernostalgia melalui wahana serta aneka jajanan yang jadul. Seketika ingatan masa lalu akan tergambar dengan jelas di depan mata. Tak ayal hiburan ini sangat ramai didatangi masyarakat dari berbagai lapisan karena hanya setahun sekali digelarnya.


Bagi warga Jawa (tepatnya Solo atau Jogja) sangat akrab dengan istilah Sekatenan. Pasar Rakyat di Solo ini adalah bentuk lain dari sekatenan tersebut. Semua yang ada disana serupa hingga banyak masyarakat disana menyebut juga sekatenan. FYI, Sekatenan di Kota Solo sendiri tahun ini  cukup spesial. Tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan di Benteng Vastenburg namun tahun ini berganti tempat, tidak hanya di satu tempat namun dua sekaligus. Sekatenan di Alun-Alun Lor dan Pasar Rakyat di Alun-Alun Kidul. Semua nya sama tetapi yang di alun-alun kidul lebih lama pelaksanaannya di banding yang di alun-alun lor.





Dan saya berkesempatan untuk menikmati Pasar Rakyat di Alun-Alun kidul. Semua sesuai dengan perkiraan saya mengenai wahana hiburannya, kulinernya, dsb. Saya sangat suka sekali dengan suasana semacam ini. Banyak keluarga kecil maupun besar tumpah ruah menjadi satu disana. Setiap wahana disana dikenakan tarif Rp 10.000,- per orang. Wahana hiburannya sendiri seperti Bianglala, Kora-kora, Ombak Banyu, Tong Stand, Rumah Hantu, Bombom Car, Mandi Bola, dll. Selesai dari Pasar Rakyat saya berjalan kaki menuju Alun-Alun Lor namun yang ada hanyalah penjual jajanan saja, sepertinya Sekatenan disana sudah selesai dan hanya beberapa hari saja.


Yang perlu diperhatikan adalah jalanan menuju dan disana macet, hindari bawa kendaraan sendiri (apalagi mobil) kalau tidak mau bete. Pakai saja ojek online sebagai alternatifnya. Bawa cukup uang apabila anda ingin membawa oleh-oleh dari sana karena banyak kebutuhan yang di jual disana. Harap antri dan jangan menyerobotnya. Awasi barang bawaan anda karena banyak orang berseliweran.

Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email