Minggu, Oktober 21, 2018
37

CATATAN :

PER 01 DESEMBER 2019, SESUAI GAPEKA 2019 KERETA KA KALIJAGA DITIADAKAN ALIAS TIDAK BEROPERASI LAGI. UNTUK JADWAL KERETA API RELASI SEMARANG - SOLO TERBARU BISA DI CEK DISINI.

Siapa yang tidak pernah naik kereta? mode transportasi masal ini masih menjadi primadona masyarakat dalam bepergian. Baik sekedar untuk kerja, liburan bahkan pulang kampung. Kereta api yang selalu tepat waktu dan full AC bahkan kelas ekonomi menjadi pilihan utama untuk dijadikan mode transportasi favorit. Seiring dengan berjalannya waktu, pihak manajemen PT KAI semakin bagus mengelola perkereta-apian Tanah air. Dimulai dengan tidak adanya pedagang yang lalu lalang di kereta ketika transit, tidak ada calo tiket, tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam ruang tunggu, serta pemesanan tiket sudah digital bahkan sejak tahun 2012.


KA Kalijaga merupakan kereta api lokal relasi Semarang Poncol (SMC) - Solo Balapan (SLO) yang melayani pulang pergi sehari satu kali saja. Dari Solo Balapan setiap jam 05:20 WIB dan dari Semarang Poncol jam 09:00 WIB, hanya sekali yah dalam sehari. Dahulu sih awal-awal kereta lokal ini dibuka, dalam sehari kereta ini kalau tidak salah 2 kali dalam sehari (pagi dan sore). Mungkin karena peminatnya yang kurang antusias sehingga diganti sehari sekali. Dan itu pasti penuh setiap weekend dan libur panjang.


KA Kedungsepur juga  merupakan kereta lokal relasi Semarang Poncol (SMC) - Grobogan Ngrombo (NBO) yang melayani pulang pergi sehari 2 kali dari masing-masing stasiun. Dari Semarang Poncol berangkat jam 05:45 WIB dan 15:45 WIB sedangkan dari Grobogan Ngrombo setiap jam 07:50 WIB dan 17:55 WIB. Jadi tidak perlu khawatir jika hanya sekedar jalan-jalan atau transit ke Purwodadi dan ingin pulang sorenya karena ada keretanya.


Kedua kereta api tersebut merupakan kelas ekonomi yang sudah difasilitasi full AC serta colokan charger. Harga hingga kini Rp 10.000,- sekali jalan, ini adalah harga dengan subsidi pemerintah yang sampai sekarang masih diberikan. Aslinya jika tanpa subsidi harga tiket kedua kereta api tersebut berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 30.000,- tergantung jarak tempuhnya. Sangat menarik kan harganya? masih tidak mau wisata dengan kereta? Fyi, aku juga belum pernah naik KA Kedungsepur loh (kali aja yang mau ngajakin naik keretanya).


Dahulu pemesanan tiket kereta api  KA Kalijaga bias via online, tentunya sangat memudahkan masyarakat dalam membeli tiket tanpa harus ke stasiun. Namun semenjak awal 2016, layanan ini di hapus hingga sekarang. Pastinya cukup merepotkan harus balik lagi ke stasiun untuk mendapatkan tiketnya. Sedangkan KA Kedungsepur dari awal hingga sekarang tidak bisa dibeli lewat online, harus ke loket stasiun untuk mendapatkan tiketnya. Tulisan ini merupakan pembaruan tulisan yang pernah saya publish Desember 2017 lalu yang mana khusus pembelian tiket kereta KA Kalijaga mengalami perubahan. Dan di tulisan ini ada beberapa perubahan besar yang perlu kalian ketahui.


Khusus pembelian tiket KA Kalijaga dan Kedungsepur di Stasiun Poncol Semarang kini tidak harus mengambil nomor antrian tiket di mesin yang sudah disediakan di depan loket. Sekarang kita bisa mengambil nomor antrian di Customer Service yang berada di samping loket tiket tanpa perlu mengambil nomor antrian khusus CS. Langsung masuk saja dan bilang ambil antrian KA Kalijaga atau Kedungsepur, nantinya bagian CS akan memberikan nomor antriannya. Sebelum ke loket pembelian tiket, isilah formulir pemesanan tiket kereta api. Setelah semua sesuai data KTP atau SIM lalu menuju ke loket 1 dan petugas akan melayani dengan segenap hati. Bayar dengan uang pas saja karena sudah murah dan kita bisa pulang dengan tiket kereta di tangan. Fyi, Loket 1 untuk KA lokal Kalijaga dan Kedungsepur, Loket 2 dan 3 untuk kereta lokal Kaligung serta loket 4 dan 5 untuk kereka jarak jauh tujuan Jawa Tengah lainnya, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Salam

37 comments:

  1. KA KALIJAGA ...antri nomer ... isi data ... trus langsung dapat TIKET ? mohon penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berencana beli tekat secara offline di stasiun, saya sarankan untuk mengisi formulirnya terlebih dahulu lalu ke ruangan CS minta antrian KA Kalijaga kemudian ikut mengantri di loket 1. Saat itu juga Pakde langsung akan dapat tiketnya.

      Hapus
    2. pesan tiket h-7 bisa mas?

      Hapus
    3. sangat bisa mbak alinda, tetapi semua tergantung ketersediaan tiket ya.

      Hapus
  2. Kalo beli tiket pas hari h bissa ndak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, selama masih terdapat bangku yang kosong.

      Hapus
  3. Mas bos aq mau tanya untuk pemesanan tiket kereta kedung sepur apa bisa dibeli di stasiun weleri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, soalnya kereta tersebut hanya relasi Semarang Poncol (SMC) - Grobogan Ngrombo (NBO)

      Hapus
  4. H-6 untuk kereta api kedungsepur masak sudah habis tiket nya.ini bener apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin peminat sedang banyak sehingga ketersediaan tiket sudah habis. kereta lain juga berlaku demikian.

      Hapus
  5. Menarik pingin ngebuktiin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba, jangan lupa bawa pasangannya biar ada yang bisa diajak ngobrol selama perjalanan.

      Hapus
  6. Saya mau naek kereta kedungsepur dari setasiun gubug ke poncol pp bsa gk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ke stasiun gubug saja dan tanyakan kepada petugas disana.

      Hapus
  7. Pesan onlain buat besok bisa,g

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah bisa, silahkan cari dan download aplikasi KAI ACCESS di Playstore atau Appstore

      Hapus
  8. Balasan
    1. install aplikasi KAI ACCESS di AppStore atau PlayStore

      Hapus
  9. Beli online cara gimana ya

    BalasHapus
  10. Sayangnya di KAI Access tdk bs pesan tiket lebih dari 1 penumpang dan itupun tiket an pemilik akun, kl mau beli buat anak ga bs pake app harus k loket. Apakah ada alternatif lain beli tiket?? krn posisi skrg di Jakarta, takutnya kl beli pd hari H tdk kebagian tiket...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ke depannya KAI ACCESS bias dipesan lebih dari satu penumpang. Alternatif lain hanyalah dating langsung ke stasiun, saat ini belum ada alternative yang efisien.

      Hapus
  11. Apakah sudah tersedia tiket untuk hari H ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung ketersediaan tiketnya, biasanya kalau di cek lewat aplikasi tidak tersedia berarti tiket sudah habis terjual. Pun juga di stasiun biasanya memberi papan informasi mengenai tiket habis pada tanggal2 tertentu.

      Hapus
  12. Pemesanan tiket onlinr kalijaga untuk anak gimana ya? Bisa atau gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini tiket online hanya bisa untuk memesan 1 tiket pengguna yang terdaftar di aplikasi. Untuk lebih dari satu orang atau anak harus ke stasiun langsung.

      Hapus
  13. Pembelian tiket online kedung sepur bisa di pesan dari H-7 tp kok cuman 1 akun 1 tiket klo yg mau beli lebih dari satu unt keluarga apa teman gmn gan...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatif lainnya adalah datang langsung ke stasiun terdekat

      Hapus
  14. Mohon infonya, untuk pemesanan tiket kereta kalijaga maksimal berapa hari dari hari H kalo beli di loket. Tx

    BalasHapus
  15. Mohon infonya, untuk pemesanan tiket kereta kalijaga maksimal berapa hari dari hari H kalo beli di loket. Tx

    BalasHapus
  16. Mohon info selain lewat online, untuk pemesanan tiket kereta kedungsepur minimal h- berapa ya? ��

    BalasHapus
  17. Bisa pilih tempat duduk kalo beli tiket dr kai acces??

    BalasHapus
  18. Tiket gedung sepur bisa persen online ga kak

    BalasHapus