Minggu, April 07, 2019
0

Entah ini berbeda dengan yang November tahun lalu atau tidak namun inti dari acara ini masih sama, yaitu pameran buku. Setiap tahunnya memang kota Semarang selalu menyelenggarakan acara tersebut dua kali bertajuk sejuta buku. Kalau tahun lalu masih terdapat nama Semarang, namun awal April ini meningkat dengan menggunakan nama Jawa Tengah. Festival Sejuta Buku Jawa Tengah 2019 di mulai tanggal 03 - 09 April 2019 berlokasi di Gedung Wanita, jalan Sriwijaya Semarang.


Acara ini merupakan hajatan besar bagi masyakat kutu buku yang layak disamperin mengingat harga nya yang miring serta varian yang melimpah. Terlebih lagi hampir di semua booth bertebaran diskon serta hadiah menarik. Pameran ini dimulai sejak pukul 09.00 pagi hingga malam hari, jadi tidak ada alasan untuk tidak hadir dalam acara ini. Antusias hari pertama cukup lumayan, walau rata-rata pengunjung mendominasi acara lomba-lomba di depan gedung.


Di bagian pintu masuk sedang berlangsung seniman-seniman yang menggambar mural di seng yang sudah disiapkan oleh panitia. Jiwa-jiwa kreatif mereka patut diacungi jempol yang menghasilkan gambar dengan tema yang bagus. Tidak lupa berbagai jajanan ringan serta minuman yang dijajakan di luar gedung, Indomart selalu tidak pernah absen dalam acara ini.


Selain area sektretariat, di depan juga terdapat booth Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah serta milik Pemerintah Kota Semarang. Entah itu artinya acara tersebut diprakarsai oleh kedua lembaga pemerintahan atau tidak saya kurang tahu. Terdapat kotak undian yang selalu tersedia setiap pameran ini diadakan dari tahun ke tahun dengan hadiah yang menarik tentunya.


Di area dalam sudah berisikan berbagai booth penerbit buku yang mungkin menjadi salah satu favorit kalian. Beragam buku yang mereka bawa senantiasa bak oase di padang pasir yang luas. Kala memasuki area ini mata kita dimanjakan aneka buku yang seolah-olah menyihir untuk segera dibawa pulang. Mulai dari buku cerita anak, buku mewarnai, buku pelajaran, buku soal-soal ujian, novel, karya sastra, hingga buku agama pun komplit jadi satu disana. Berbagai diskon juga menambah semarak acara ini. Harga nya pun relatif murah, mulai Rp 5.000,- hingga Rp 100.000,- .


Saya pun tidak luput untuk mengadopsi 4 buku yang sekiranya bisa untuk ditelanjangi kala senggang. Bermodal Rp 20.000,- saya meminang mereka walau sebenarnya tidak ada rencana mengeluarkan anggaran untuk membeli buku bulan ini. Namun yang namanya khilaf dan kalap mata tidak bisa dibendung hanya sekedar datang dan melihat-lihat saja.
Btw, acara ini gratis tanpa perlu tiket masuk hanya bayar parkir saja. Mushalla pun sudah disediakan di lantai dua beserta peralatan shalatnya, jadi jangan khawatir apabila kesini ketika menjelang waktu shalat. Kalian juga datang kesinikah?

Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email