06.17.00
52
Jum'at, 22 Februari 2013




JAMSOSTEK merupakan singkatan dari jaminan sosial tenaga kerja dan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko dan penyelenggaraannya menggunakan mekamisme asuransi sosial. Sebagai program publik, JAMSOSTEK memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti (compulsory) bagi pengusaha dan tenaga kerja berdasarkan Undang-Undang No. 3 Tahun 1992 berupa santunan tunai dan pelayanan medis sedangkan kewajibannya adalah membayar iuran.
Program ini memberikan perlindungan bersifat dasar untuk menjaga harkat dan martabat manusia jika mengalami resiko-resiko sosial ekonomi dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja. Resiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh program tersebut terbatas saat terjadi peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat, hari tua dan meninggal dunia. Yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja atau membutuhkan perawatan medis.
Maka dari pada itu, JAMSOSTEK ini sudah layaknya harus dimiliki oleh semua pekerja tidak lagi memandang jenis pekerjaannya melainkan manfaat serta berjaga-jaga atas apa yang tidak kita ketahui kedepannya. Terlebih lagi untuk pekerja berat yang taruhannya nyawa, harus lebih diprioritaskan dengan penggunaan tarif pemungutan yang disepakati bersama.
Kaitannya dengan perubahan data JAMSOSTEK yang baru-baru ini saya kerjakan, disini saya hanya ingin berbagi seputar formulir JAMSOSTEK. Dalam formulir Jamsostek 1a disebutkan bahwa disana memuat pendaftaran tenaga kerja dan pemberitahuan perubahan identitas tenaga kerja dan susunan keluarga. Itu artinya untuk pendaftaran baru maupun perubahan data Jamsostek berada dalam satu formulir.
Dalam formulir Jamsostek 1a terbagi atas tiga bagian ;
  • Bagian pertama : Mengenai Identitas Tenaga Kerja, dimana disini kita diminta untuk mengisi identitas pribadi kita termasuk nama ibu kandung, NPWP, bahkan rekening bank yang dimiliki.
  • Bagian Kedua : Mengenai Susunan Keluarga, berisi tentang nama anggota keluarga beserta tanggal lahir, jenis kelamin serta golongan darah. Bagian ini tidak berlaku bagi yang masih berstatus belum menikah.
  • Bagian Ketiga : Fasilitas Kesehatan Yang Di Pilih, memuat tentang nama balai pengobatan umum, balai pengobatan gigi, rumah bersalin yang dipilih untuk nantinya jika berobat.
Dan jangan lupa untuk mempersiapkan pas foto 2 x 3 serta tanda tangani formulirnya.

Selamat Membuat,

AHMAD NURUS SIROT

52 komentar:

  1. mas gimana caray kalo mo merubah tahun lahir Saya di kepesertaan jamsostek soaly tahun lahiry salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, apabila ingin merubah apapaun isi dalam jamsoatek dan sejenisnya harus ke kantor yang mengurusi pelayanan tersebut dan mengisi formulir seperti pertama kali.

      Hapus
  2. Pak... bagaimana caranya merubah data jamsostek. Krn sy baru menikah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ibu ikut jamsostek dari perusahan maka tinggal lapor ke bagian hrd atau yg mengurus jamsostek. Kalau ikut secara pribadi tinggal langsung menghubungi kantor jamsosteknya langsung.

      Hapus
  3. Pak... bagaimana caranya merubah data jamsostek. Krn sy baru menikah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung ke kantor nya saja buk untuk perubahan datanya.

      Hapus
  4. Pak gmana caranya merubah data ibu kndung krwna data asli dengn data jmsostek beda..sedang pihak perusahaan mempersulitnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas koe sama y kya saya,nma ibu kandung jg berbeda

      Hapus
    2. Maaf mas koe sama y kya saya,nma ibu kandung jg berbeda

      Hapus
    3. Kalau sudah masuk ke ranah perusahan itu lebih ke kebijakan perusahaan masing2.

      Hapus
  5. Jamsostek saya namanya berbeda dengan di kartunya,karna bgtu saya cek saldo nama yg keluar tidak sesuai dengan nama saya yg di kartu Jamsostek .apakah bisa diperbaiki??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data bisa diperbaharui apabila diinginkan. Silahkan di urus ke pihak kantor jamsosteknya langsung saja ke bagian hrd di perusahaan saudara.

      Hapus
  6. Mas saya sudah pindah alamat nah ktpnya itu nik nya beda mas...bisa ga yha di cairin..kalo pake ktp ma kk yg sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu saya juga kurang tau namun alangkah baiknya di sesuaikan dengan data yg aslinya agar kelak tidak ada masalah.

      Hapus
  7. Mas saya sudah pindah alamat nah ktpnya itu nik nya beda mas...bisa ga yha di cairin..kalo pake ktp ma kk yg sekarang

    BalasHapus
  8. pak untuk perbaikan data yang salah seperti nama , kan harus pakai form dari kantor BPJS Ketenagakerjaan, untuk pngambilan Form nya bisa gak ya kalo tidak ada kartu nya berhubung kartu nya ada di kantor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya kalau sudah masuk ranah perusahaan biasanya pihak perusahaan yang mengurusnya. Kita tinggal laporan saja.

      Hapus
  9. Mas saya kan ingin mencairkan bpjs dan saya sudah melakukan eklaim tp ditolak karna no hp saya tidak sama dg yg didaftarkan.itu ngrusnya bgaiman mas untuk mengganti no hp dg yg masih aktif agar bsa mencairkan dana bpjs

    BalasHapus
  10. Mas saya kan ingin mencairkan bpjs dan saya sudah melakukan eklaim tp ditolak karna no hp saya tidak sama dg yg didaftarkan.itu ngrusnya bgaiman mas untuk mengganti no hp dg yg masih aktif agar bsa mencairkan dana bpjs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu saya kurang tau mas. Belum pernah mencairkan bpjs soalnya.

      Hapus
  11. Pak bagaimana caranya merubah tahun lahir di jamsostek
    Tahun lahir sya di ktp dngn jamsostek berbeda
    Sya ikut peserta jamsostek dari perusahaan sedangkan sya sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut

    BalasHapus
  12. Saya mau tanya dong,gimana ya caranya buat ngerubah nama ibu kandung...
    Soalnya pas saya k bpjs,ternyata nama ibu saya beda....
    Jd tidak di terima oleh pihak bpjs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget mas sama saya masalahnya

      Hapus
    2. Ketentuan harus sesuai KTP dan KK

      Hapus
  13. Bagaimna klo merubah nma dan menggabungkan saldo 2krtu BPJS

    BalasHapus
  14. Bagaimna klo merubah nma dan menggabungkan saldo 2krtu BPJS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham, mungkin bias konfirmasi langsung ke kantor BPJS nya mas.

      Hapus
  15. Pk bagai mana cara perubah data jht karna nik ktp lama sma yg baru beda nik e-ktp nya dulu sy daftar nya pke ktp lma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya langsung di urus ke kantor BPJS nya langsung bos.

      Hapus
  16. Pk bagai mana cara perubah data jht karna nik ktp lama sma yg baru beda nik e-ktp nya dulu sy daftar nya pke ktp lma

    BalasHapus
  17. Bagai mna klw caranya perubahan jht karna waktu daftar pke ktp biasa,,nah skrng udh ada e ktp yg jd per tnyaan nya nik ktp lma sma nik e ktp beda gmn,,tolong masukn nya,,

    BalasHapus
  18. Bagai mna klw caranya perubahan jht karna waktu daftar pke ktp biasa,,nah skrng udh ada e ktp yg jd per tnyaan nya nik ktp lma sma nik e ktp beda gmn,,tolong masukn nya,,

    BalasHapus
  19. Pak gmn cara y merubah data baru jamsostek melalui onlean,soal y sy ga ada waktu untuk mengurus dikantor y

    BalasHapus
  20. Pak gmn cara y merubah data baru jamsostek melalui onlean,soal y sy ga ada waktu untuk mengurus dikantor y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham kalau daftar online. Alangkah baiknya disediakan waktu untuk mengurusnya karena itu demi kebiakan bapak juga.

      Hapus
  21. Call center bpjstk susah dihub dan kena biaya lagi yg bener dong melayani customernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alangkah baiknya ke kantornya langsung mbak. lebih akurat dan jelas.

      Hapus
  22. Pak..kalo nik ktpnya beda gmna??
    yg sblumnya manual & yg baru hnya resi tp niknya ganti
    apakah bisa lakukan pmbaruan d knyor bpjsnya langsung?

    BalasHapus
  23. Pak..kalo nik ktpnya beda gmna??
    yg sblumnya manual & yg baru hnya resi tp niknya ganti
    apakah bisa lakukan pmbaruan d knyor bpjsnya langsung?

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Pak..kalo nik ktpnya ganti gmna?
    soalnya yg dulu masih ktp manual & skarang resi saja tp nik nya ganti
    apakah bisa di lakukan pmbaruan di kntor bpjs?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan untuk semua yg berhubungan dengan jamsostek, bpjs, jaminan pensiun, dkk untuk disamakan dengan NIK di KTP dan KK karena itu semua menjadi satu kesatuan. Misal suatu saat ingin mengambil jamsostek atau pensiunan itu urusannya biar tidak ribet dan lama. Kalau data sama semua biasanya urusan akan lebih cepat selesai. Sudah semestinya kantor bpjs bisa mengubah data peserta yg salah. Terima kasih.

      Hapus
  27. Mas apakah bisa data di ubah di kantor jamsostek kayak nama ibu kandung, no ktp, TTL, dan alamat lengkap karna saya sudah coba urus di hrd tempat saya bekerja tapi katanya belum ada email balasan dari pusat padahal sudah 1 bulan lebih saya bolak balik ke hrd perusahaan saya bekerja tapi jawabannya itu terus ( belum ada email balasan dari kantor pusat )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya itu menjadi tanggung jawab bagian HRD anda. Namun memang kita juga harus sadar bahwa kerjaan HRD tidak hanya mengurus jamsostek karyawan saja. Alangkah baiknya ke kantor pusat atau cabang terdekat anda langsung saja. Ditanyakan dan diurus secepatnya agar lega.

      Hapus
  28. Kalau ngurus perubahan data apa harus ikut antrian juga dari pagi mas?

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. Saya uda ke kantor.. tp pengurusan salah tgl lhir harus lwat on lane... gima caranya.. dikantor gak bisa

    BalasHapus
  32. saya minta solusi bagai mana menyamakan nama dan tgl lhir pak..karena bpjs online menjawab data nama dan tgl lhir tidak sesuai dengan data yg di bpjs.

    BalasHapus
  33. Mas saya sudah melengkapi berkas perubahan data KTP, NIK, dan KK..karena nama dan tanggal lahir tidak sesuai E KTP..
    Tapi sampai saat ini masih belum bisa di gunakan..
    Berapa lama untuk menunggu aktifasi nya setelah aDa perbaikan? MKSH

    BalasHapus

Twitter

Google+ Badge

Follow by Email