Minggu, Desember 09, 2012
2

Pertama-tama saya ingin mengucapkan Selamat Hari AIDS sedunia yang diperingati setiap tanggal 01 Desember setiap tahunnya, "JAUHI VIRUSNYA BUKAN ORANGNYA". HIV/AIDS, apa yang anda bayangkan mengenai penyakit mematikan yang satu ini? "AMIT-AMIT", "NAJIS", "KOTOR", dan bahkan "MATI". HIV/AIDS merupakan penyakit yang ditakuti hampir semua umat manusia di dunia ini, bagaimana tidak? sampai sekarang belum ditemukan obat yang benar-benar bisa membunuh virus tersebut 100 %. Beruntungnya adalah sudah ada obat yang mampu mencegah dan menghambat persebaran virus tersebut. Bukan berarti tidak ada obatnya hanya saja belum ditemukan untuk saat ini. 
Namun sejatinya apa itu HIV/AIDS? Informasi mengenai penyakit ini sudah banyak di internet, namun tidak ada salahnya juga kalau saya disini ingin juga ikut mensukseskan salah satu program pemerintah dalam hal nya pengendalian virus tersebut sekalipun hanya lewat media tulisan ini. Bukannya saling berbagi informasi dan mengingatkan itu bagus ya, berangkat dari situ saya sedikit banyak ingin mengulas mengenai penyakit ini.
Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah retrovirus yang menjangkitisel-sel sistem kekebalan tubuh manusia dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Infeksi virus ini mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan yang terus-menerus yang akan mengakibatkan defisiensi kekebalan tubuh. Sedangkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV telah ditasbihkan sebagai penyebab AIDS. Tingkat HIV dalam tubuh dan timbulnya berbagai infeksi tertentu merupakan indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.

HIV/AIDS dari kaca mata saya sebagai blogger tidaklah jauh berbeda dengan anggapan atau pemikiran kebanyakan orang. Bahwa penyakit tersebut dirasa sangat mengerikan manakala beberapa diantara kita terjangkiti. Perasaan malu, takut bahkan sampai depresi yang juga banyak mengakibatkan angka bunuh diri meninggal. Perilaku dan pandangan masyarakat terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang salah kaprah juga menjadi beban mental tersendiri bagi mereka. Untuk itulah kita sebagai bagian dari inti dari masyarakat harus lebih pandai dalam menyikapi persoalan krusial semacam ini. Selain itu sebagai manusia yang beradap alangkah baiknya untuk selalu mengingat dan berserah kepada-Nya. Dengan modal kekuatan iman yang kuat seyogyanya mampu menangkal hal-hal negatif yang bisa mendekatkan kita pada berbagai penyakit seperti HIV/AIDS.

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat bagus dan berguna. apalagi bagi para anak2 muda jaman sekarang ini yg dekat dengan istilah pergaulan bebas.
    perlu diperhatikan dan perlu kita sadari dari Dampak buruk HIV ini.
    dan satu dari saya "Love Your Live"

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email