Minggu, Desember 30, 2012
0
Sabtu, 29 Desember 2012



Sabtu malam ini saya isi dengan menonton sebuah film animasi yang boleh dibilang aneh, tidak masuk akal, beda namun cukup menghibur, adalah FRANKENWEENI. Film 3D pertama produser Tim Burton yang menggunakan hanya dengan warna hitam dan putih namun tetap hidup semua karakternya. Sebenarnya film ini merupakan remake dari film Frankenstain di tahun 1984.
Cerita dimulai saat keluarga Victor menonton sebuah rekaman film pribadi mengenai Sparky VS Monster yang mana pemeran utamanya adalah anjing kesayangan sendiri. Namun acara tersebut berhenti manakala roll film nya terputus dan Victor mengajak anjing kesayangannya, Sparky untuk naik ke atas dan memperbaiki.
Pagi harinya Victor mengajak Sparky ke halaman belakang karena dia mau berangkat sekolah. Namun sudah ditunggu sama Bp. Walikota yang kebetulan bersebelahan rumahnya. Beliau mengingatkan kepada Victor untuk selalu menjaga dan mengawasi anjingnya karena anjingnya sudah kerap sekali merusak tanaman yang ada di pekarangannya. Di sekolah berjalan seperti biasa nya dan terdapat tugas sains yang akan di harus dikumpulkan akhir bulan dan itu dijadikan sebuah kompetisi karena hasil sains terbaik akan mendapatkan piala. Pulang sekolah Victor langsung bergegas pulang dan bermain dengan Sparky namun temannya, Edgar ternyata mengikuti nya sampai pekarangan rumahnya. Niat kedatangan Edgar adalah mengajak Victor untuk menjadi partnernya dalam tugas sekolah proyek sains. Edgar tahu bahwa Victor merupakan siswa yang pandai dalam pelajaran sain dan dia sendiri punya ide-ide brilliant yang bisa diwujudkan bersama. Namun dengan nada sopan Victor menolaknya karena dia lebih suka bekerja sendirian.

Saat sedang sarapan pagi, Victor meminta ayahnya untuk menandatangani surat ijin sains yang diberikan gurunya kemarin. Namun sang ayah justru berbelit dan lebih suka kalau anaknya lebih fokus ke olahraga baseball, apalagi sebentar lagi akan berlangsung pertandingan. Di pertandingannya sendiri si Sparky sangat antusias sampai-sampai saat Victor gagal memukul bola justru malah bolanya tersebut ditangkap Sparky. Dan di kesempatan terakhir Victor memukul bola dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan untungnya dia berhasil memukul bola sampai keluar lapangan. Si Sparky dengan sangat antusias mengejar bola tersebut, malangnya adalah ketika akan kembali ke lapangan dia tertabrak mobil dan meninggal seketika ditempat. Melihat dengan kepala mata tersendiri membuat Victor shock berat, apalagi Sparky merupakan teman terdekatnya dan satu-satunya. Dan kejadian tersebut membuat hari-hari Victor seperti mayat hidup. Di kelas dia hanya menggambar Sparky di bukunya tanpa menghiraukan gurunya. Namun pada saat guru tersebut memperlihatkan bahwa katak yang sudah meninggal ternyata ototnya masih berekasi ketika mendapat aliran listrik dengan tegangan cukup tinggi. Berawal dari situ muncul keinginan Victor untuk menghidupkan kembali Sparky. Berbekal otak encernya di bidang sains akhirnya dia mengumpulkan semua peralatan yang dibutuhkan. Disamping itu juga dia malam harinya pergi ke makam para binatang keluarga dan mengambil jasad Sparky. Dengan mengendap-endap masuk rumah agar tidak ketahuan kedua orang tuanya yang sedang menonton tv berdua di rumah keluarga.

Untungnya saat itu musim hujan tengah melanda dan disertai angin kencang serta petir. Dan petir itulah yang digunakan sebagai energi utama yang digunakan untuk menghidupkan kembali Sparky. Setelah semua persiapan disiapkan dan berjalan sesuai rencana Victor menengok Sparky namun dia tidak melihat tanda-tanda kehidupan pada Sparky. Namun diatas keputus asaan datanglah sebuah keajaiban, Sparky kembali hidup dan usaha Victor selama ini tidak sia-sia. Namun ditengah kebahagiaannya tersimpan kekhawatiran tersendiri, yang mana bahwa semua orang tahu bahwa Sparky sudah meninggal. Untuk itu dia meminta Sparky untuk tetap tinggal di atas loteng selama dia tidak di rumah, namun hal tersebut tidak diindahkan oleh Sparky. Justru dia malah mengejar kucing sampai keluar rumah namun untingnya adalah tanpa ada yang curiga akan kembalinya Sparky. Malapetaka itu muncul manakala ibu Victor memergoki keberadaan Sparky. Dan keterkejutan itu berlanjut pada pada ayah nya dan Victor itu sendiri. Dan Sparky yang merasa bingung akan hal ini langsung kabur dan kembali ke makamnya.

Sedangkan teman-teman Victor yang sudah mengetahui rahasia tersebut malah berbondong-bondong untuk menghidupkan kembali para binatang. Sedangkan di lapangan terbuka sedang berlangsung Dutch Day yang dibuka langsung pak Walikota dengan iringan suara merdu dari Elsa Van Helsing. Victor mencari dan menemukan Sparky di makamnya namun dia terkejut ketika melihat beberapa makam yang telah terbongkar. Dan keanehan itu terjawab ketika Victor bersama Sparky keluar dari pemakaman. Satu persatu temannya meminta tolong untuk menghentikan monster yang dibuat mereka akibat salah persepsi dalam prosesnya. Dan monster-monster itu merajalela merusak kota dan membikin panik warga sekitar. Disini sedikit agak menegangkan dan adanya sedikit action. Dalam situasi begini Sparky meninggal untuk kedua kalinya karena tertimpa runtuh kincir angin yang roboh akibat terbakar. Untuk kedua kalinya pula hati Victor hancur namun untuk yang kali ini Victor cukup dewasa untuk menerimanya. Dia mengikhlaskan kepergian dan tidak mengharapkan Sparky kembali kesisinya sebelum setelahnya dia melakukan sekali lagi upaya menghidupkan Sparky. Dan untuk kedua kalinya pula keajaiban Sparky mendapat keajaiban dan hidup kembali. Betapa bahagianya semua orang yang ada disana, terlebih lagi Victor.
Seperti yang kita semua tahu bahwa anjing merupakan sahabat manusia yang paling dekat. Namun sejatinya adalah yang terdekat dengan manusia adalah Tuhan, kemudian manusia barulah lingkungan sekitar. Apapun itu kita harusnya menghargai apapun yang ada dalam diri kita, apa yang kita miliki karena kita akan merasa sangat kehilangan saat semua yang kita senangi hilang ataupun pergi.

AHMAD NURUS SIROT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email