Minggu, Januari 06, 2013
0
Minggu, 06 Januari 2013


Sabtu kemarin sudah diwanti-wanti oleh orang tua untuk hari minggu ini jangan main dahulu soalnya memang mau diajak ziarah sama nenek se-anak dan cucunya. Jarang-jarang loh kita bakalan bisa pergi bareng-bareng ramai-ramai gini, dan juga jarang-jarang aku ikut ziarah. Bukan berarti hari minggu ada acara terus malam minggunya tidak bisa menikmati. Malam minggu tidur agak larut dan bagi cukup pagi. Pagi harinya sebenarnya mau bobok lagi cuma tidak enak rasanya masih ada tanggungan blog yang perlu di update juga yang lain sudah pada bersiap sedangkan aku masih asyik-asyikan buka notebook.
Karena niat awalnya adalah ziarah jadi jangan berpikir macam-macam tentang lokasi wisata, kuliner juga buah tangan. Adalah makam Syaikh Hasan Munadi dan Syaikh Hasan Dipuro yang terletak di Desa Nyatnyono kabupaten Semarang yang terletak di kaki bukit gunung ungaran. Perjalanan kesana membutuhkan tenaga ekstra untuk suatu mobil karena tanjakan yang tidak ada ujungnya untuk mencapai sana. Dan sebelum kesana, kita semua mandi atau yang biasa disebut padusan di Sendang "Kalimah Tayyibah" di bawah sebelum lokasi makam. Dimana untuk mandi disana kita bisa menyewa sarung seharga Rp 1.000,- atau membawa baju ganti dari rumah karena disana ada larangan mandi dengan telanjang. Disini juga diperbolehkan mengambil air yang disesuaikan dengan niat dan manfaat masing-masing namun bacalah beberapa doa dan ayat-ayat Al-Qur'an dahulu sebelum mengambilnya. Karena mata air disini adalah peninggalan para wali yang dipercaya membawa karomah bagi yang memanfaatkannya
Sesampainya di lokasi makam kita tidak serta merta bisa masuk ke lokasi karena memang pengunjung yang berziarah bukan keluarga besar kami, ada rombongan lain dan kita harus mengantri. Dan bagi saya ini merupakan sebuah potensi wisata religi yang sangan potensial untuk kota Semarang apalagi dengan adanya program Visit Jateng 2013. Semoga apabila benar-benar ingin dikelola dengan professional oleh pemerintah hendaknya tidaklah mengganggu atau merubah apa saja yang sudah ada disana dan segala fungsinya. Sedikit saran dari saya apabila anda benar-benar ingin kesini atau kemanapun anda berziarah hendaknya mantapkanalah hati anda terlebih dahulu dan usahakan ada anggota keluarga yang menurut anda mampu mengangkat dan membuat anda benar-benar khusuk dengan niat anda.

AHMAD NURUS SIROT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email