Selasa, Januari 08, 2013
0
Selasa, 08 Januari 2013


Pastinya anda sangat bingung akan judul yang saya ambil di atas. Bagaimana tidak, mungkin itu adalah kata yang baru anda baca dan ketahui selama ini. Adalah Tizen, sebuah platform hasil kolaborasi Samsung dan Intel serta mendapat dukungan dari operator ternama seperti NTT DoCoMo serta Vodafone group. Sistem operasi Tizen versi 1.0 dengan kode nama Larkspur telah dirilis pada 30 April 2012. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus alpha dirilis dengan kode nama Magnolia. Tizen 2.0 versi penuh akan dirilis pada Januari 2013. Besar kemungkinan, Samsung akan memakai Tizen versi 2.0 dalam produknya. Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.
Sejak bergabung dengan Linux Foundation pada Juni 2012 yang lalu, Samsung langsung menjadi donatur platinum yang merupakan level tertinggi dalam struktur keanggotaannya. Dengan adanya itu menempatkan Samsung di dewan yayasan dan memungkinkannya untuk mengawasi lebih besar dalam proyek Linux. Banyak para ahli dan analisis yang menduga bahwa alasan Samsung menggunakan sistem operasi baru ini dan mengurangi pemakaian sistem operasi android adalah bentuk kekhawatiran akan tergesernya posisi Samsung sebagai produsen perangkat mobile terlaris tahun kemarin. Selain itu juga telah dibelinya Motorola mobility oleh Google tahun lalu yang dirasa kedepannya Samsung bakal dianak-tirikan dalam halnya platform android.
Tizen bukan satu-satunya sistem operasi yang layak ditunggu, ada Ubuntu untuk mobile, Sailfish (penerus MeeGo), belum lagi IOS yang bekembang semakin pesat, Android yang semakin berkembang secara global, ada windows phone yang yang mulai merangsek mencuri pangsa pasar, serta firefox yang juga mempersiapkan kehadiran sistem operasi untuk perangkat mobile. Ini baru awal tahun tetapi hangat dunia mobile sudah semakin terasa. 2013 akan menjadi tahun yang seru untuk perkembangan perangkat bergerak, khususnya smartphone. Sudah siapkah tabungan anda?? Mari kita tunggu pertarungan sengit platform diatas dalam menunjukkan kehebatannya.

AHMAD NURUS SIROT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email