Selasa, Januari 08, 2013
0
Selasa, 08 januari 2013



Sebenarnya oleh Bp Lurah Tembalang, Bp. Margono S. Sos kegiatan KKN disana mulai efektif tanggal 09 Januari 2013 tidak masalah, walaupun dari pihak kampus terjadwal per hari ini sudah efektif namun berhubung hari ini juga baru penyerahan mahasiswa jadi alangkah baiknya besok saja kegiatannya. Namun malam harinya pihak kelurahan memang mengadakan rapat tahunan bersama perangkat RW dan RT setempat yang merupakan agenda dari kecamatan atas petunjuk dari pemerintah kota sendiri. Adalah Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tahun 2014 untuk kelurahan tembalang ini yang bertempat di aula kelurahan.
Musrenbang Kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) kelurahan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Kelurahan (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Kelurahan dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Kelurahan. Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah keluarahan, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan kelurahan, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar kelurahan. 

Tujuan Musrenbang
  1. Menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya
  2. Menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya.
Fungsi dilaksanakannya Musrenbang: untuk menghasilkan kesepakatan –kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang rancangan rencana kerja pemerintah dan rancangan kerja pemerintah daerah, yang menitik beratkan pada pembahasan untuk sinkronisasi rencana kerja antar kementrian/lembaga/satuan kerja perangkat daerah dan antar daerah. 
Sebagai orang yang boelh dikatakn numpang disini, kita sebagai mahasiswa yang melakukan pengabdian hanya bisa mendukung acara ini supaya terlaksana dengan sebaik mungkin. Kalau-kalau ada sumbangan pikiran dan tenaga yang sekiranya membutuhkan kami, kita semua akan setiap sedia apabila memang dibutuhkan.

AHMAD NURUS SIROT

0 comments:

Posting Komentar