Kamis, Februari 05, 2015
0

Di usia 25 tahun saya baru menginjakkan kaki di Museum Ronngowarsito. Saya tidak malu baru belajar walau anak-anak Sekolah Dasar sudah pada rajin kesana sebelummya, karena saya yakin tidak ada kata terlambat untuk belajar. Museum Ronngowarsito merupakan museum yang memamerkan berbagai warisan budaya dan benda, kesenian Jawa Tengah yang berada di Jl. Abdul rahman Saleh No. 1, Kali Banteng Kulon, Semarang.
Di sana kita bisa belajar mengenai jenis bebatuan yang ada di bumi, termasuk juga sisa batu meteroit yang pernah jatuh di Jawa Tengah. Ada juga wahana tentang zaman purba lengkap dengan peralatan dan kehidupan pada masanya. Terdapat relief-relief candi di Jawa Tengah, miniatur wisata Jawa Tengah, hasil kerajinan tangan Jawa Tengah, senjata-senjata perang pada masa kemerdekaan, koleksi teknologi dan kerajinan tradisional, industri serta transportasi.


Di museum ini juga menghadirkan mata uang Negara Indonesia dari jaman dulu sampai yang terbaru, mata uang negara-negara lain, baju adat beberapa provinsi di Indonesia, lambang kabupaten atau kota se Jawa Tengah beserta maknanya, album foto Gubernur Jawa Tengah dari awal sampai sebelum yang sekarang, alat musik berbagai daerah serta kesenian dari berbagai daerah. Terdapat mini theatre yang menampilkan Museum Ronggowarsito secara keseluruhan.
Museum Ronggowarsito sering dijadikan study tour beberapa sekolahan di dalam maupun luar Kota Semarang. Berbagai peninggalan disana merupakan alternatif pelajaran bagi murid selain yang mereka dapatkan di bangku sekolah. Tiket masuk museum ini sebesar Rp 4.000,- per orang.

Salam Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email