Minggu, Februari 25, 2018
0

Wisata alam tidak akan pernah kehilangan kekuatannya selama alamnya masih terjaga dengan rapi serta kebersihannya. Walau harus diakui bahwa minat masyarakat belum terlalu besar namun potensinya tetap menjanjikan. Di Kabupaten Semarang sendiri tepatnya di Dsn. Kenongo, Sepakung, Banyubiru, Kab. Semarang memiliki salah satu wisata alam yang indah dan menenangkan pikiran yang sangat sayang jika kalian tidak mengetahuinya dan bahkan belum pernah kesana. Gumuk Reco namanya, kawasan perbukitan yang menawarkan tidak hanya wisata alam namun juga wahana permainan yang memacu adrenalin serta instagramble.


Dari Semarang, kalian bisa menuju jalan lingkar ambarawa kemudian di traffic light pertama ambil kiri jalan menuju Banyubiru. Saya sarankan untuk menggunakan maps yang sudah ada di smartphone karena kalian akan dipandu dengan jelas sampai di lokasi. Jalanan menuju kesana sangat menanjak sehingga perhatikan kondisi kendaraan kalian, harus prima dan tanpa kendala. Usahakan untuk berhenti dahulu ketika kalian tidak yakin dengan tanjakannya sekaligus untuk mendinginkan mesin kendaraannya.


Tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang dan parkir kendaraan Rp 2.000,-, tempat parkir tidak terlalu luas dan agak susah untuk mobil. Alternatif nya kalian bisa naik ojek warga sekitar dari bibir tanjakan gumuk reco sebesar Rp 10.000,- untuk sekali naik, turunnya bisa jalan kaki sembari menikmati alamnya. Warga sekitar sangat ramah dan sesekali akan menyapa atau mengajak mengobrol ketika kalian berpapasan dijalan.


Banyak spot foto yang ditawarkan pihak pengelola dan tentunya gratis, yah walau ada beberapa yang bayar itu karena kita semacam sewa peralatan keselamatannya. Dan memang yang berbayar pastinya lebih seru dan menantang dibanding yang gratisan. Wahana berbayar nya adalah Ayunan Langit dan juga Jembatan Kepompong, masing-masing dikenakan tarif Rp 10.000,-. Dan keduanya merupakan yang favorit diantara banyak spot foto disana, walau berbayar namun banyak yang antri loh demi menantang adrenalin serta foto-foto untuk memperbarui feed Instagram.

Foto : Gillang Pradanna (@iyank_gondes)

Spot foto gratis yang sangat popular dan harus antri adalah Sangkar Burung raksasa. Ukuran nya yang besar bisa muat untuk 2 orang dewasa dalam 1 sangkar yang agak menggantung di ketinggian. Spot ini mampu menyedot minat masyarakat kekinian untuk datang kesana. Dengan background tebing perbukitan yang cantik menambah daya tarik spot foto yang satu ini. Namun kalian harus berhati-hati mengingat ini diperbukitan dan tanpa pengaman seperti spot berbayar. Selain spot foto yang cantik, disana juga terdapat ungkapan-ungkapan penuh makna yang sangat menusuk hati loh yang tertempel secara acak di pohon-pohon pinus yang ada disana.


Di Gumuk Reco juga sudah disediakan kamar kecil serta mushala loh, ya walaupun sederhana namun sangat berguna. Tempat wisata ini dikelola oleh karang taruna setempat jadi tidak heran kalau petugas disana masih belia usia lulus sma. Namun mereka professional kok karena tentunya ada pendamping orang dewasa nya. Berdasarkan info yang saya baca, wisata alam ini mulai dilirik investor loh. Dan semoga kebersihannya tetap terjaga dan spot foto nya semakin banyak serta pengunjung semakin tahu tempat ini dan berbondong-bondong untuk datang.

Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email