16.30.00
0

Memasuki bulan November pasti surganya bagi para pecinta buku Semarang. Iya, bulan ini merupakan kali kedua Pesta Sejuta Buku Semarang diselenggarakan, setiap tahunnya. Berbeda dari sebelumnya, kali ini pameran buku berganti lokasi di Auditorium Undip Imam Barjo, bukan di Gedung Wanita lagi. Entah untuk seterusnya atau sementara. Namun lokasi tidak begitu masalah karena sama-sama strategis untuk warga sendiri. Bisa jadi ini menjadi menarik karena lokasi yang baru pasti membawa atmosfir yang baru pula.


Tahun ini merupakan tahun kesepuluh Kota Semarang mengadakan pameran buku, dimana dalam setahun diselenggarakan dua kali. Ini sangat bagus karena bisa mengedukasi masyarakat terutama anak balita hingga sekolah untuk semakin minat membaca dan belajar ketimbang bermain gadget. Berhasil menjajaki usia 10 tahun tidak terlepas dari minat masyarakat yang luar biasa sehingga pemerintah kota selalu mengadakannya.


Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada icon khusus yang ditampilkan di depan lokasi pameran. Ini agak aneh sih, namun ketika melihat lokasi auditorium nya sangat wajar karena tidak memiliki halaman depan yang luas seperti halnya Gedung Wanita. Di depan gedung pameran terdapat panggung untuk lomba dan stand komunitas (waktu saya kesana kosong), sedangkan di kanan gedung merupakan area kuliner.


Awal masuk ke dalam gedung pamerannya, saya mencium aroma pandan yang sebenarnya buat saya pribadi kurang nyaman. Seperti yang dulu-dulu, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang selalu ikut andil dalam setiap pamerannya. Dan kali ini UPT Perpustakaan Undip ikut berpartisipasi, ya iyalah ditempatnya sendiri gitu loh. Isi nya apaan disana? aku juga gak tahu karena gak mampir. Sekilas terlihat kuis yang bisa dijadikan ujian pengetahuan kita. Ada beberapa info mengenai UPT nya juga info-info penting seputar Kampus Undip.


Isi didalamnya masih seperti pameran buku sebelumnya yang membawa jutaan buku, tentunya dengan diskon berterbangan yang membuat kalap mata dan dompet. Dari buku cerita anak-anak, buku mewarnai dan belajar berhitung, buku-buku sekolah, bahan kuliah, novel, buku agama, filsafat sampai politik pun ada dan komplit disana. Sedikit info aja yah, jangan takut untuk bertanya kepada petugas mengenai diskonnya. Karena beberapa stand sudah memberlakukan harga setelah diskon, tapi tidak semuanya.


Tempat sekretariat berada di bagian paling belakang pameran buku ini, padahal sebelum-sebelumnya ada di pintu masuk. Disana kita bisa menukarkan nota pembelian dan mengisi kuisioner dan dapatkan souvenir menarik. Yang tidak ketinggalan disetiap ada pameran buku adalah jasa karikatur wajah 15 menit langsung jadi. Bagi yang biasa datang ke pameran buku pasti sudah tidak terlalu kaget.
Sedikit info aja, tempat parkir ada di beberapa lokasi. Di luar pintu masuk Undip Pleburan, ditempat lapangan bola basket tepat di depan gerbang serta ada yang parkir di samping gedung pameran. Masalah berbayar atau tidak saya tidak tahu, saya parkir disamping gedung tanpa dikenakan biaya. Toilet ada di belakang fakultas hukum yang jadi satu sama mushala. Jangan lupa mampir di Pesta Sejuta Buku Semarang 2018 yang berlangsung tanggal 01 - 07 November 2018.

Salam 
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Google+ Badge

Follow by Email