Minggu, Desember 08, 2019
0

Menjelang akhir tahun, hampir di setiap kota menghadirkan calender of event tahunan sebagai panduan masyarakat umum yang ingin berlibur ke suatu daerah. Tidak ketinggalan Kota Semarang yang juga merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Kota Semarang dalam beberapa tahun kebelakang mulai menggerakkan berbagai acara untuk menarik wisatawan seperti daerah-daerah lainnya. Dikutip dari Calender Of Event 2020 Kota Semarang, berikut ini merupakan acara yang sudah diakui secara nasional dan internasional yang bakal disajikan selama tahun 2020 :

JANUARI 

IMLEK 2020 (25 Januari 2020), Klenteng Sam Poo Kong.
Tahun baru Tionghoa atau Hari Raya Imlek merupakan perayaan penting bagi orang Tionghoa. Setiap tahunnya Klenteng Sam Poo Kong memperingati Hari Raya Imlek dengan menampilkan seni budaya Tionghoa dan Jawa.

FEBRUARI

PASAR IMLEK SEMAWIS / PIS (21-23 Februari 2020), Kawasan Pecinan Jalan Wotgandul Gang Pinggir Semarang.
Pasar Imlek Semawis kembali digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek (Cia Gwee 2571). Pasar Imlek Semawis 2020 akan diramaikan dengan berbagai pernak-pernik tahun baru imlek, jajanan kuliner khas Semarang, pegelaran wayang potehi, dan berbagai atraksi kebudayaan lainnya yang dapat anda jadikan sarana rekreasi bersama keluarga.

MARET

SEMARANG GREAT SALE (12 Maret - 12 April 2020), Mall, Tempat oleh-oleh, Pasar Tradisional.
Penyelenggaraan Great Sale / discount besar-besaran di Mall, Hotel, tempat oleh-oleh, travel biro. Dalam kegiatan ini didukung berbagai event-event seni budaya yang menarik.

INTERNATIONAL SEMARANG NIGHT CARNIVAL / ISNC (Akhir Maret 2020), Balaikota , Jl. Pemuda Semarang.
Acara karnaval tahunan yang telah menjadi agenda karnaval nasional Kementrian Pariwisata RI. Karnaval ini menampilkan kreativitas peserta dalam menciptakan kostum yang spektakuler.

APRIL

DUGDERAN (21-22 Apeil 2020), Simpang Lima, Balaikota, Masjid Agung Kauman & Masjid Agung Jawa Tengah.
Tradisi msyarakat Semarang dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Event ini meliputi pasar rakyat yang dimulai sepekan sebelum Bulan Ramadhan. Karnaval ini menampilkan ikon Warag Ngendhog dan berbagai kesenian di Kota Semarang

MEI

FESTIVAL KREO (30-31 Mei 2020), Kelurahan Kandri, Kec. Gunung Pati, Semarang.
Festival Kreo merupakan tradisi masyarakat sekitar Gua Kreo yang biasanya diselenggarakan setelah Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan upacara ritual Sesaji Rewanda yaitu ritual untuk memberi makan kera ekor panjang yang dipercaya telah berjasa membantu Sunan Kalijaga menemukan Kayu (saka jati) untuk mendirikan masjid Demak. Festival ini ditutup dengan pentas seni budaya tentang Legenda Gua Kreo

JUNI

-

JULI

COLOUR OF KERONCONG (11 Juli 2020), Taman Indonesia Kaya Semarang.
Konser musik keroncong yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang bekerjasama dengan HAMKRI. Konser ini menampilkan talenta-talenta keroncong.

AGUSTUS (INTERNASIONAL EVENT)

FESTIVAL ARAK-ARAKAN CHENG HO 2020 (17-18 Agustus 2020), Klenteng Sam Poo Kong.
Ulang tahun kedatangan Sam Poo Tay Djien ke -615 dengan kirab membawa Arca Sam Poo Tay Djien dari Klenteng tay Kak Sie menuju Klenteng Sam Poo Kong dengan berjalan kaki. 

SEPTEMBER (INTERNATIONAL EVENT)

FESTIVAL KOTA LAMA (17-27 September 2020), Kota Lama Semarang.
Event yang diselenggarakan untuk mengajak wisatawan dan masyarakat bernostalgia dengan makanan, musik, tarian dan barang antik tempo dulu. Terdapat pasar sentiling, Food Court, Jelajah Kota Lama, Panggung Apung, Art Performance, Pameran, dll.

FESTIVAL DANCE COMPETITION (25-26 September 2020), Kota Lama Semarang.
Lomba tari Internasional bekerjasama dengan Philipina dan Malaysia yang digelar sebagai salah satu rangkaian acara Festival Kota Lama.

OKTOBER

SEMARANG BUSINESS FORU KE-14 (15 Oktober 2020), Patra Semarang Hotel & Convention.
Temu bisnis yang bertujuan untuk mempromosikan potensi dan peluang investasi Kota Semarang pada khususnya dan wilayah Kedungsepur pada umumnya serta membuka kesempatan kerjasama investasi dalam rangka mendorong peningkatan investasi di daerah.

BOROBUDUR TRAVEL MART & EXPO (30 Oktober - 01 November 2020), Kota Semarang.
Travel Mart terbesar di Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Pemda Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Jawa Tengah dan melibatkan semua pemangku pariwisata.

NOVEMBER

PANDANARAN ART FESTIVAL (28-29 November 2020), Halaman Balaikota Semarang.
Festival seni yang merupakan representasi dari 4 akar budaya yang membentuk kebudayaan Kota Semarang, yaitu kebudayaan Jawa, Belanda, Arab dan China. Festival ini dikemas dalam gaya street festival yang dimeriahkan dengan berbagai penempilan kesenian.

DESEMBER (INTERNATIONAL EVENT)

SEMARANG 10K (15 Desember 2020), Balaikota Semarang.
Pemerintah Kota Semarang mengadakan lomba lari marathon 10 km tingkat internasional yang diikuti atlet dalam dan luar negeri.

Selengkapnta mengenai semua acara di kota semarang bias di lihat di Calender Of Event 2020 Kota Semarang.

Salam

0 comments:

Posting Komentar