Minggu, Desember 22, 2019
0
Festival Imlek Solo 2019

Setelah Kota Semarang, kali ini saya ingin membagikan beberapa event yang bakal di selenggarakan di Kota Solo di tahun 2020 yang wajib kalian ikuti. Ini murni event yang pernah saya ikuti dan bikin nagih untuk melihatnya lagi. Siapa tau kita bisa meet up pas event berlangsung disana. 

JANUARI

GREBEG SUDIRO (19 Januari 2019), Pasar Gede
Nama Grebeg Sudiro diambil dari nama salah satu kampung yang ada di Solo yaitu Kampung Sudiroprajan yang dikenal sebagai permukiman etnis Tionghoa. Event ini diadakan untuk menyongsong Tahun Baru Imlek setiap tahunnya yang memiliki konsep kegiatan tentang pembauran, kerukunan antar etnis Jawa dan Tionghoa dalam kehidupan bermasyarakat. Event ini juga sebagai ajang memperkenalkan kekayaan kuliner kampung Sudiroprajan dan sekitarnya.

FESTIVAL IMLEK (24 Januari 2019), Pasar Gede
Kota Solo memeriahkan Tahun Baru Imlek dengan memasang ribuan lampion yang menghiasi sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Urip Sumoharjo. Kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek yang paling menarik perhatian adalah Pasar Gede yang juga menyuguhkan berbagai pentas budaya yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

FEBRUARI

SEMARAK JENANG SOLO (17 Februari 2019), nDalem Djojokusuman
Semarak Jenang Sala merupakan acara berbagi jenang kepada masyarakat yang diselenggaralan  dalam rangkaian peringatan hari jadi Kota Solo. Warna-warni jenang, aneka bahan dan asalnya menunjukkan bahwa hidup sejatinya penuh warna dan berbagai macam jenang menyatukan warga dalam rasa syukur hari jadi Kota Solo.

MARET

-

APRIL

SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL (09-12 April 2019), Benteng Vastenburg
Festival berbagai makanan tradisional khas Indonesia dan juga makanan kekinian. Dimeriahkan juga dengan demo memasak ala chef dari dalam dan luar negeri. Cicipi berbagai masakan jawa yang dibagikan secara gratis kepada pengunjung.

MEI

-

JUNI

IMF / INTERNATIONAL MASK FESTIVAL (19-20 Juni 2019),  Pendhapi Gede Balaikota Surakarta
IMF adalah pergelaran seni yang khusus mengangkat topeng sebagai ikon panggungnya.  Pergelaran ini hadir sebagai cara untuk menampilkan kekayaan seni topeng di Indonesia dan mancanegara. Filosofinya adalah untuk menggali kekuatan kebersamaan dalam kebhinnekaan.

HUT CFD KE-10 (21 Juni 2019), Solo CFD
Hari Ulang Tahun CFD merupakan kegiatan rutin tahunan untuk merayakan dan meramaikan Solo  Car Free Day dengan mengusung tema dan kegiatan yang berbeda setiap tahunnya.

JULI

SOLO BATIK CARNIVAL (17-19 Juli 2019), Jl. Bhayangkara - Balaikota
Solo Batik Carnival menampilkan ratusan kostum batik yang kreatif dan inovatif serta menampilkan dalam bentuk parade fashion guna mempromosikan Solo sebagai Kota Batik.

AGUSTUS

KIRAB PUSAKA DALEM (19 Agustus 2019), Mangkunegaran Palace
Bertepatan pada malam 1 Sura Wawu 1954, Pura mangkunegaran Solo mengarak pusaka-pusakanya. Arak-arakan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut tahun baru Muharram. Kirab pusaka yang di gelar di Mangkunegaran Solo juga diikuti dengan laku bisu yang dilaksanakan dengan khidmat oleh para rombongan.

KIRAB MALAM SATU SURO (19 Agustus 2019), Surakarta Hadiningrat Palace
Puncak acara malam 1 suro di Keraton Kasunanan Surakarta adalah dengan kirab Kerbau Bule yang dilakukan menjelang tengah malam. Kerbau Bule yang dikirab menyimbolkan masyarakat tradisional yang agraris.

SEPTEMBER

SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ART / SIPA (10-12 September 2019), Benteng Vastenburg
SIPA adalah mahakarya seni pertunjukan yang digelar setiap tahun di Kota Solo. Menampilkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia selama 3 malam. Pergelaran selalu menghadirkan panggung yang megah, mewah dan spektakuler di Benteng Vastenburg Solo.

OKTOBER

GREBEG MAULUD (29 Oktober 2019), Kraton Surakarta Hadiningrat - Masjid Agung Surakarta
Grebeg Maulud diselenggarakan untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal. Perayaan ditandai dengan keluarnya gamelan "Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari" dari Keraton Surakarta Hadiningrat menuju Masjid Agung Surakarta. Gamelan akan dibunyikan setiap hari selama tujuh hari. Puncak acara yang ditunggu adalah kirab gunungan yang terbuat dari hasil bumi.

NOVEMBER

-

DESEMBER

SOLO CAR FREE NIGHT (31  Desember 2019), Jalan Slamet Riyadi
Setiap malam pergantian tahun, Pemerintah Kota Solo akan menutup beberapa jalan protokol yang ada di tengah kota untuk kemudian disiapkan bebrapa panggung hiburan yang akan menghibur masyarakat Kota Solo dalam menyambut datangnya Tahun Baru.

Di atas merupakan beberapa acara yang sering saya ikuti. Masih banyak event lainnya yang bakal di selenggarakan Pemerintah Kota Solo, selengkapya bisa dilihat DISINI.

Salam 

0 comments:

Posting Komentar