Sabtu, Juni 29, 2013
2

Tidak perlu jauh-jauh ke Bogor untuk bisa menikmati hawa dingin dan suasananya puncak disana. Bagi kita yang tinggal di Kota Semarang pasti tahu tempat dimana yang suasananya kurang lebih sama seperti di puncak, Bogor. BANDUNGAN, bukan sebuah nama ibukota provinsi Jawa Barat namun merupakan salah satu kawasan sejuk yang berada di kabupaten Semarang karena letaknya yang berada di kakai gunung Ungaran. Banyak wisata yang bisa kita nikmati dikawasan ini, diantaranya adalah wisata alam, wisata kuliner, bahkan "wisata malam". Sebagai kawasan "Puncaknya" di kabupaten Semarang disana ditemukan banyak penginapan dari yang termurah sampai yang cukup merogoh kocek.
Rasanya sebagai orang Semarang tidak perlu sampai menginap disana mengingat jarak yang tidak terlalu jauh, namun untuk sebagian orang suasana yang tidak mungkin kita dapatkan di kota lumpia menjadikan penginapan disana selalu laris manis terlebih lagi di waktu liburan. Terlepas dari apapun maksud dan tujuannya kesana yang jelas pemerintah setempat sangat jeli akan potensi yang dimiliki kawasan Bandungan ini sehingga fasilitas-fasilitas publik pun semakin di galakkan secara gencar disana.

Candi Gedong Songo Masih Sebuah Impian.


Candi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks bangunan Candi peninggalan budaya hindu yang terletak di desa Candi, kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di lereng gunung Ungaran. Di kompleks ini terdapat sembilan buah candi. Candi-candi ini ditemukan pada tahun 1804 oleh Raffles di ketinggian sekitar 1.200 meter diatas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin.
Candi Gedong Songo masih merupakan sebuah impian buat saya kunjungi karena memang sampai sekarang ini kaki saya belum menapakkan disana. Hasrat serta besar harapan saya untuk menikmati suasana yang ditawarkan disana serta menapak tilas belajar sejarah masa lampau. Terakhir kali kala hasrat ingin kesana namun Tuhan belum mengijinkan, ada halangan yang akhirnya memupuskan hasrat terpendam saya.

Jimbaran, Sebuah Tradisi Masa Lampau.


Begitu mendengar nama di atas pastilah orang berfikir eksotisnya salah satu pantai di daerah Kuta Selatan, Badung, Bali. Kesohoran pantai disana sudah tidak diragukan lagi bagi para kalangan turis lokal maupun mancanegara. Di daerah Bandungan sendiri, tepatnya sebelum sampai kawasannya terdapat nama daerah yang disebut Jimbaran. Kalau di Bali terkenal pantainya, kalau di kabupaten Semarang terkenal masakannya. Potensi utma di desa Jimbaran adalah wisata kuliner pemancingan, begitu kita memasuki daerah sini maka dari ujung ke ujung yang kita temui adalah pemancingan.
Wisata kuliner Jimbaran menjadi kunjungan wajib hampir semua wisatawan yang sedang menikmati liburan dikawasan Bandungan. Fenomena tersebut seperti satu paket wisata andalan daerah sana. Gagalnya kita menikmati Candi Gedong Songo membawa kita mengikuti tradisi yang ada. Mampir ke jimbaran dan menikmati kuliner yang disajikan disana.

Kesimpulan

Liburan merupakan kebutuhan primer setiap individu, tidak harus mahal yang terpenting adalah berkualitas. Mulailah liburan di tempat yang paling dekat dari kita sehingga bila kita mendapati apa-apa yang perlu dibenahi sehingga nantinya mampu menjadikannya sebuah potensi. Tidak selamanya harapan sejalan dengan kenyataan, terkadang terdapat sedikit penyimpangan. Tinggal bagaimana kita membuat penyimpangan itu seminimal mungkin. Mas Deni, Rina, Mbak Igka, Nana, what's next?

Salam,

AHMAD NURUS SIROT

2 komentar:

  1. liburan memang kebutuhan penting tapi ga boleh sering2 soalnya bikin malas bekerja lagi hehehe

    BalasHapus
  2. i like it...dibntu dunk Om ngerevisi blog jg hehheee.ternyta tgs mahasiswa skrg bkn hanya fokus ke skripsi atau apalah gt tp blog jg...sukses

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email