Minggu, Januari 08, 2017
1

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi aneka kebun teh kemuning yang sangat luas. Kebun yang hijau dan terhampar luas sepanjang mata memandang membuat mata kita sejuk karena tidak akan kita jumpai di Kota Semarang. Jalanan yang menanjak dan berliku menjadi hiburan tersendiri namun juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena banyaknya kendaraan yang lalu lalang. Di kawasan ini bisa dibilang puncaknya Karanganyar, selain kebun teh yang luas hawa dinginnya serasa di puncak Bogor.


Mendekati Candi jalanan semakin ekstrim yang mana tanjakannya di luar dugaan dan banyak pengunjung yang memilih jalan kaki karena ketidaksiapannya. HTM nya cukup Rp 7.000,- per orang dan masing-masing akan dipinjami selendang batik khas Cetho untuk dikenakan. Karena berada di kaki Gunung Lawu tidak heran terkadang kabut sering turun dan menimbulkan kesan mistis. Gapura masuknya yang menyerupai Candi di Bali menjadi daya tarik tersendiri.


Selain sebagai tempat wisata unggulan, Candi Cetho digunakan juga sebagai tempat ibadah agama Hindu maupun untuk masyarakat sekitar yang masuh kental dengan kejawennya. Ada beberapa tempat yang tidak bisa dikunjungi wisatawan karena itu merupakan tempat ibadah. Wilayahnya sendiri tidak terlalu luas namun cukup asri dan menenangkan. Ditambah hawa dingin dan sedikit kabut memjadikannya salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika sedang liburan ke Kota Solo (Surakarta) atau Karanganyar.


Ada beberapa larangan selama berkunjung disana seperti wanita haid tidak diperkenankan memasuki candi sehingga ini bisa dijadikan rujukan kalian ketika ingin menikmati indahnya Candi Cetho. Disini juga merupakan titik pertama bagi para pendaki gunung yang ingin menaklukkan Gunung Lawu, sehingga jangan heran ketika banyak rombongan pendaki yang juga lalu lalang disini. Yang terpenting selalu jaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sambah sembarang serta menjaga norma-norma yang berlaku di sekitar.

Salam

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email