Kamis, Januari 05, 2017
0

Kabupaten Karanganyar memang surga bagi para penikmat wisata alam, religi maupun sejarah. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan disana. Berada di kaki Gunung Lawu memberi keberkahan tersendiri bagi perekonomian disana. Ketika mendengar kata "Karanganyar" pasti banyak yang langsung berfikiran Tawangmangu yang terkenal dengan grojogan sewu nya. Namun masih banyak tempat yang harus di explore disana, salah satunya adalah Curug (air terjun ) Jumog.

Curug Jumog berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Curug ini hanya berjarak 45 KM ke arah timur Kota Solo ( Surakarta ). Akses bisa ditempuh menggunakan sepeda motor, mobil maupun bus. Rutenya ambil arah Tawangmangu, dipertigaan selepas Pasar Karangpandan ambil jalur ke kiri ke arah Ngargoyoso ( jalur ke kanan adalah ke Tawangmangu ). Banyak papan petunjuk arah atau bisa tanya masyarakat sekitar bila tersesat.

Tiket masuk hanya Rp 5.000,- per orang dan parkir sepeda motor Rp 1.000,- . Menuju air terjunnya kita akan menuruni anak tangga sebanyak 116 buah. Lebih sedikit dan lebih nyaman dibanding menuruni anak tangga Grojogan Sewu, Tawangmangu. Sesampainya disana maka kita akan dibuat takjub dengan penataan lokasi yang apik dan terkoordinasi. Curug ini dikelola dan diberdayakan oleh masyarakat setempat. Berbagai spot di pinggir aliran air terjun dibuatkan tempat istirahat sembari menyantap aneka masakan yang bisa di pesan. Sembari istirahat dan menikmati sajian makanannya kita bisa bermain dengan air yang dingin diiringi merdunya air terjun dan beberapa burung yang semakin menambah romantis.

Banyak spot foto yang bisa diambil disekitar air terjunnya. Untuk memanjakan pengunjung yang doyan ber swafoto telah dibangun beberapa jembatan dengan background curug jumog yang indah. Selain kamar mandi, disana juga telah tersedia mushalla, kolam renang maupun hall pertemuan. Ini merupakan salah satu curug terbaik yang pernah saya kunjungi. Pengelolaan yang bagus dan menarik, saya yakin ke depan curug ini akan mampu menarik wisatawan yang lebih banyak lagi. Dan buat para pengunjung saya imbau untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Salam.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email