Senin, Juli 24, 2017
2
foto : Seputar Semarang

Beberapa tahun silam, saya pernah menceritakan pengalaman kala mengurus perpanjangan STNK. Berbekal info pribadi kala itu, tadi pagi saya percaya diri kembali menyambangi tempat yang mungkin setahun sekali kita singgahi, SAMSAT 2 SEMARANG di daerah Jalan Setiabudi Semarang. Saya sengaja datang lebih awal agar tidak terlalu lama mengantri di bagian pendaftaran. Namun...?
Ternyata mengantri saya setengah jam agaknya sia-sia, untuk perpanjangan STNK tahunan tanpa tunggakan bisa langsung ke lantai 2. Tidak perlu lagi antri dan ambil formulir dibagian pendaftran lantai bawah, sepertinya itu untuk pajak 5 tahunan dan ganti plat nomor. Untungnya tidak terlalu ramai dilantai 2, berbekal informasi dari security yang ramah semua berjalan lancar.


Untuk perpanjangan STNK tahunan tanpa tunggakan tinggal menaruh BPKB, STNK dan KTP asli tanpa perlu foto kopi ke tempat pendaftaran lantai 2. Posisinya di sebelah kanan dari pintu masuk. Setelah di cek kita disuruh menunggu hingga nama kita dipanggil. Tidak sampai 10 menit nama dipanggil dan kita tinggal membayar sejumlah tagihan yang tertera, usahakan bawa uang lebih buat jaga-jaga kalau ada kenaikan tarif. Info yang saya dapat dari bapak-bapak yang perpanjangan STNK sebelum saya katanya terdapat kenaikan tarif dibanding tahun lalu. Setelah urusan pembayaran selesai, dengan begitu STNK baru kita sudah siap dan berlaku untuk satu tahun kedepannya.


Perpanjangan STNK kini sangatlah cepat, tidak rumit dan sangat bagus pelayanannya. Tidak nampak calo pun seperti 5 tahun silam. Petugas yang ramah dan informatif sangat membantu masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya membayar pajak daerah tersebut. Semoga selalu dipertahankan reputasi baiknya.

Salam

2 komentar:

  1. alamat di KTP harus sama seperti di STNK gak kak?
    kebetulan kendaraan belum mutasi.
    trims infonya :)

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email