Minggu, Januari 14, 2018
0

Berencana liburan di Kota Solo tahun ini? Intip dulu agenda nya sebelum memutuskan untuk berkunjung kesana, agar selama liburan ada kenangan manis yang bisa dipamerkan selepas dari Solo. Bagi anda yang tidak terlalu menyukai keramaian, saya kasih info tempat wisata di Solo yang cocok buat anda. Museum Keris Nusantara Solo namanya, sebuah museum yang belum genap satu tahun semenjak peresmiannya oleh Bp Joko Widodo ini wajib anda kunjungi. Liburan tidak melulu soal kepuasan batin saja namun juga belajar untuk menambah wawasan juga.


Museum Keris ini berada di Jalan Bhayangkara No 02, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta. Berada di tengah kota menjadikannya sangat mudah diakses, dan letaknya yang dipinggir jalan sangat mudah ditemukan. Harga tiket masuknya sendiri sebesar Rp 10.000,- untuk umum. Museum yang di dukung dan diapresiasi oleh UNESCO ini berisikan berbagai warisan budaya jawa dengan seni, artefak, dan senjata khas daerah yang tersimpan rapi di 5 lantai bangunannya.


Karena ini bukan tempat yang biasa maka kita akan disambut wewangian yang tidak biasa pula ketika memasukinya. Bau Dupa dan kemenyan mendominasi di ruang utama ini, ditambah kursi bak singgasana menambah kekuatan mistis dari museum ini. Di lantai 2 ini (lantai 1 adalah basement) berisikan informasi singkat mengenai keris di berbagai belahan benua. Uniknya untuk menuju lantai atas selain disediakan tangga juga disediakan lift, hal yang jarang ditemui di museum-museum lainnya di Indonesia.


Mulai lantai 3 hingga 5 berisikan koleksi keris dari berbagai jenis dan daerah. Sejarah dan asal muasal keris hingga diwariskan juga diceritakan disana. Terdapat perpustakaan juga disana sehingga bisa belajar lebih dan memahami keris lebih dalam. Cara pembuatan keris pun sangat detail dan jelas yang diperagakan sebuah patung yang nampak sangat asli, bahkan dengan sukses membuat saya terkejut ketika memasuki ruangannya. Selain koleksi keris juga terdapat tombak dan senjata khas daerah yang tersimpan rapi disana.


Yang perlu diperhatikan oleh pengelola museum adalah guide yang memadai, tidak hanya disediakan kala rombongan saja ketika berkunjung. Saya sarankan kesana bersama rekan atau keluarga karena aura mistis masih kerasa bahkan sampai di lantai atas. Jangan pernah menyentuh properti yang ada disana demi keaslian dan tidak rusak.

Salam

0 comments:

Posting Komentar