Minggu, Mei 27, 2018
0

Mungkin masih banyak yang awam dengan nama Bank DBS Indonesia. Memang gaungnya tidak segencar bank-bank pemerintah maupun swasta yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Terlebih mereka sering muncul di berbagai media elektronik, cetak, reklame maupun media sosial. Namun ketika kita berbicara pasar ASEAN maka bank-bank kita masih kalah di berbagai aspek oleh Bank DBS. Bank DBS Indonesia merupakan bagian dari kelompok usaha DBS group di Singapura. Bank DBS Indonesia berdiri pada tahun 1989, dan sekarang telah memiliki 63 jaringan kantor, 59 ATM, 2,900 karyawan aktif yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.


Di lansir dari Wikipedia, berdasarkan riset oleh Forbes pada tahun 2016, Bank DBS memiliki total Asset US$ 322,8 Milyar sedangkan kapitalisasi pasarnya senilai US$ 29.3 Milyar yang membuatnya menduduki peringkat puncak di Asean. Tentunya jumlah tersebut semakin meningkat mengingat Bank DBS telah mengakuisisi bisnis retail dan wealth management dari Bank ANZ Indonesia, Hongkong, Singapura, Cina, dan Taiwan. Untuk Bank DBS Indonesia sendiri diakui sebagai Best Wealth Manager in Indonesia oleh The Asset dan Best Foreign Exchange Bank in Indonesia oleh Global Finance.


Awalnya saya juga tidak begitu tahu tentang Bank DBS. Namun ketika Bank ANZ diambil usaha nya oleh mereka, mau tidak mau akhirnya saya sedikit tahu tentang kiprahnya. Fyi, saya pengguna kartu kredit ANZ sejak 2012 dan per Februari 2018 keanggotan saya berganti dengan Bank DBS Indonesia karena usaha mereka sudah beralih. Dan sampai bulan april 2018 saya hanya memegang keanggotaan kartu kreditnya tanpa memiliki rekening tabungan disana. Karena saya sudah memiliki beberapa rekening tabungan seperti Panin Bank untuk lalu lintas gaji, Bank BNI dipakai cik kikis, dan Bank BCA untuk sehari-hari.


Awal bulan Mei 2018 saya dihubungi pihak Bank DBS Indonesia pusat dan menawari saya untuk pembukaan rekening tanpa perlu pergi bank yang bersangkutan. Karena semua data saya sudah ada database mereka sehingga tidak diperlukan kehadiran saya. Saya hanya diminta untuk mengunduh aplikasi mereka di smartphone untuk pengaktifan kartu. Dan prosesnya sangat simple dan butuh seminggu kartu debit datang dengan nama yang sudah kita pilih di aplikasi.


Kenapa saya bersedia menerima tawaran mereka untuk membuat rekening tabungan Bank DBS Indonesia? Alasan utama saya adalah untuk keperluan pembayaran tagihan kartu kredit. Kan bisa dibayar lewat bank lain? Memang iya sih, hanya saja kita dikenakan biaya. Kalau pakai bank yang sama bebas biaya. Selain itu, saya tidak perlu ke bank nya untuk mengurus pembukaan rekening. Dan yang terpenting adalah transfer dana ke rekening manapun atau penarikan tunai di ATM berlogo Visa/PLUS, ALTO, BERSAMA dan PRIMA di seluruh Indonesia GRATIS serta tidak ada saldo mengendap sehingga dana bisa ditarik hingga Rp 0,- dan tidak dikenakan biaya adimistrasi bulanan. Siapa yang tidak tergiur?

DBS BANK INDONESIA SEMARANG

Jalan Pandanaran No 62, Randusari, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah 50134


0 comments:

Posting Komentar