Minggu, Agustus 18, 2019
0

Menghabiskan weekend di Kota Surakarta (Solo) belum lengkap kalau tidak mampir di pasar malam yang hanya buka setiap akhir pekan saja, Ngarsopuro Night Market. Pasar malam ini sudah menjadi icon Kota Solo sejak 2009 silam yang kala itu diresmikan oleh Bp. Joko Widodo selama menjabat sebagai Walikota Solo. Hingga sekarang, keberadaanya selalu ramai oleh wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Lokasi yang strategis dengan beraneka ragam jajanan maupun buah tangan yang dijual menjadi daya tarik tersendiri.


Pasar malam ini berada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Lokasi yang sangat strategis mengingat berada di samping jalan utama Kota Solo (Slamet Riyadi) dan juga Pura Mangkunegaran sehingga wisatawan dapat melihat dengan telanjang mata area tersebut. Ditambah lagi pasar ini tidak pernah sepi walaupun bukan musim libur panjang. Jalanan disekitar sini sangat padat sehingga saya sarankan untuk mencari penginapan disekitar sana sehingga cukup berjalan kaki ketika ingin berkunjung. Kalaupun tidak juga sudah tersedia berbagai macam transportasi yang siap mengantarkan kalian kesana.


Di Ngarsopuro Night Market ini berdiri banyak tenda-tenda berpuncak kerucut di kanan-kiri jalan dan wisatawan diberi akses jalan ditengah-tengah tenda tersebut. Pasar malam ini menggunakan konsep pameran terbuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga barang yang dijual disana lebih banyak barang-barang handmade dengan kualitas baik. Barang-barang yang dijual seperti batik, baju sehari-hari, celana, sandal, koin, tas, dompet, celengan, sepatu, aksesoris, lukisan, kerajinan tangan dari kayu. Selain itu juga aneka jajanan tradisional maupun makanan ringan juga tersedia disana seperti jajanan pasar, nasi jagung, thiwul, es gabus, dll.


Harga per item pun sangat terjangkau, di mulai Rp 10.000,- hingga ratusan ribu. Bawa uang secukupnya saja karena ini ditempat keramaian dengan pengunjung yang sangat padat sehingga kita diwajibkan untuk selalu waspada terhadap barang bawaan kita sendiri. Selain apa yang dijual disana, pasar malam ini juga selalu menmpilkan kesenian tradisional dari berbagai kalangan. Selain untuk menghibur pengunjung, biasanya juga sebagai ajang promosi kegiatan atau acara yang akan berlangsung di berbagai tempat seperti acara kampus, dsb.


Saya ingatkan juga untuk tidak membuang sampah sembarangan karena disana juga sudah disediakan tempat sampah. Malam minggu kalian tidak akan pernah gabut kala berkunjung ke Solo walaupun itu sendirian, karena Ngarsopuro Night Market akan menemani kalian mulai pukul 18.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Selamat mampir.

Salam

0 comments:

Posting Komentar