Senin, Maret 04, 2013
0
Senin, 04 Maret 2013


Automated Teller Machine atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ATM ini sudah sangat akrab dengan keseharian kita semua. Anjungan Tunai Mandiri merupakan sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. ATM yang tersebar di seluruh titik yang terjangkau semakin memudahkan semua nasabah dalam bertransaksi secara cepat tanpa harus ke Bank.
Hari ini adalah jadwal dimana saya harus mengunjungi kampus karena ada tanggungan administrasi kuliah yang harus diselesaikan. Dan untuk segala urusan penyimpanan uang saya masih mempercayakan kepada salah satu Bank swasta di Semarang. Selain lebih aman juga mudah apabila sewaktu-waktu kita butuh dana tunai untuk kebutuhan mendesak. Sudah tiga tahun terakhir ini saya menggunakan fasilitas perbankan dari Bank Panin. Semua adalah karena memang sudah ada nota kesepahaman antara perusahaan dimana saya bekerja dengan pihak bank sehingga kita semua mengikuti prosedur yang ada termasuk masalah penggajian lewat bank tertentu.
Sudah bukan rahasia umum lagi kalau menyimpan uang tunai terlalu banyak itu tidak baik karena mampu untuk menimbulkan hal-hal negatif. Maka dari itu muncullah apa yang dinamakan Bank. Harapannya adalah dengan adanya bank tersebut masyarakat bisa menyalurkan aset yang milikinya untuk dititipkan disana dan bisa bernilai komersil. Begitu halnya dengan saya, saya lebih suka menyimpan apa yang saya punya di sebuah bank. Bahkan saat mengurus administratif pun saya hanya membawa sedikit uang tunai dan lebih percaya dengan kartu ATM. Dengan pertimbangan bahwa berapapun tagihan administrasi kuliah saya tinggal menuju ATM bersama dan menarik sejumlah uang untuk melunasinya.

Naas adalah saat dimana ingin menarik sejumlah uang namun kartu ATM sepertinya mengalami kendala. Awalnya saya menduga adanya permasalahan di ATM bersama nya namun setelah dicoba di ATM lain dan mengalami gangguan serupa. Dan pada akhirnya saya sampai pada keputusan dimana saya harus ke ATM bank Panin untuk memastikan apakah ada yang salah dengan kartu ATM saya ini. Dan setelah dilakukan transaksi memang tidak ada yang salah dengan kartu saya hanya saja memang Bank Panin sedang melakukan perbaikan jaringan. Pengumuman itu dengan sangat jelas tertera di atas ATM yang disediakan pihak Bank guna memberitahukan kepada nasabah atas ketidaknyamanan ini. Sebuah langkah yang bijak yang diambil pengelola sebagai bentuk tanggung jawab moral dan sosial terhadap nasabah sekaligus sebagai apresiasi nasabah kepada pihak bank atas pemberitahuan sekalipun hanya lewat selebaran di seputaran bank.
Dengan adanya kejadian ini semoga pihak bank segera menormalkan kembali jaringan sehingga nasabah semakin nyaman dalam bertransaksi. Juga nasabah untuk bisa berlega hati akan kurang nyamannya ini, bagaimanapun juga sebuah sistem juga perlu perbaikan berkala yang nantinya juga demi pengalaman dan kenyamanan nasabah itu sendiri.

Salam nasabah,

AHMAD NURUS SIROT

0 comments:

Posting Komentar