Rabu, Maret 27, 2013
3


 Karnaval SCTV adalah sebuah acara tahunan yang sudah digelar untuk kesekian kalinya ini bakal disajikan dengan banyak kegiatan guna menghibur masyarakat di kota-kota yang dikunjunginya. Seperti hal nya di kota-kota lainnya karnaval ini nantinya bakal ada panggung musik special yang bakal dimeriahkan artis papan atas Indonesia, Bazaar, Games, Pawai Artis, Jalan Sehat, Donor Darah dan masih banyak keseruan lainnya. Dan pastinya khalayak umum sudah mengetahui event besar semacam ini karena pagelajaran besar ini sudah rutin berlangsung di beberapa kota besar di Indonesia sepanjang tahunnya.
Untuk kota Semarang sendiri adalah kota ke-empat yang didatangi karnaval setelah sebelumnya menghibur warga kota Bandung, Karawang, dan Yogyakarta. Karnaval yang terselenggara pada tanggal 23 dan 24 maret 2013 ini banyak menyedot para ratusan para penonton yang didominasi anak muda dari Semarang dan daerah sekitarnya. Pagelaran besar yang hanya setahun sekali ini membuat pusat kota semarang penuh bak lautan manusia yang mengitari lapangan. Animo masyarakat yang luar biasa akan acara ini sebagai bukti nyata bahwa masyarakat kita butuh yang namanya hiburan musik yang luar biasa.
Karnaval ini juga membawa harapan baru para pedagang untuk meraup keuntungan dengan menjajakan dagangannya sembari menikmati hiburan gratis ini, dua kegiatan yang sangat menguntungkan mereka. Beberapa spot yang letaknya cukup jauh dari semaraknya karnaval juga tidak ketinggalan kejatuhan durian runtuh. Beberapa hotel tempat menginap para artis meraup pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit, begitu pula tempat pusat oleh-oleh khas kota Semarang. Mereka sangat antusias dengan adanya event seperti semacam ini.
Namun dibalik kemeriahan karnaval yang mengusung tema "Makin Istimewa Untuk Kamu" ini tidaklah luput dari kecaman beberapa pihak. Pantauan saya selama seminggu sebelum acara tersebut di gelar banyak kritik dari warga masyarakat yang kecewa dan mengutuk acara tersebut berlangsung di lapangan Simpang Lima Semarang. Bukan masalah karnaval nya tau penyelenggaranya melainkan lebih ke tempat penyelenggaraannya tersebut.
Lapangan Simpang Lima yang merupakan salah satu ikon dari Kota Semarang terpilih sebagai lokasi pagelaran akbar karnaval SCTV tahun 2013. Pemilihan lokasi yang strategis memang menguntungkan bagi beberapa pihak, selain berada di pusat kota juga merupakan banyak para wisatawan yang selalu bermunculan disini apalagi pada malam hari. Namun sayangnya adalah pemilihan lokasi banyak menimbulkan kecaman yang intinya adalah menyayangkan pihak pengelola lapangan atau pemerintah kota Semarang yang memberi ijin karnaval berlangsung disana.
Lapangan yang sudah berubah cantik sekarang ini yang dalam renovasi nya menelan anggaran APBD tahun 2011 sebesar Rp 2, 54 Miliar bakal menjadi rusak dibeberapa bagian karena banyaknya masyarakat yang bakal berkunjung disana. Selain itu sampah-sampah sisa pagelaran juga menjadi polemik tersendiri yang harus diatasi. Padahal sesuai dengan peraturan walikota Semarang Nomor 92 tahun 2008 menjelaskan bahwa Lapangan Pancasila Simpang Lima hanya dipergunakan untuk kegiatan kenegaraan, kegiatan keagamaan, dan kegiatan yang terkait dengan agenda pemerintah kota Semarang serta tidak diatur untuk kegiatan komersial.
Memang selalu ada pro dan kontra akan suatu pagelaran, namun tergantung bagaimana kita melihat pagelaran tersebut dari kacamata kita sendiri. Baik tidaknya acara tersebut merupakan universal yang tidak bisa diputuskan seenak hati sendiri. Buat saya pribadi saya lebih interest berkumpul bersama pasangan dan sahabat guna lebih intim dan kekeluargaan makin kental. Apalagi ada acara Earth Hour yang digalakkan sedunia, jadi kalo dipikir-pikir liat karnaval yang belum tentu have fun dan boros energi mendingan dirumah saja menghabiskan malam di depan rumah sembari ngobrol kesana kemari.

Salam satu Semarang,

AHMAD NURUS SIROT

3 komentar:

  1. Aku ndelok ndik tipi iki rot. Tapi kok gak nemu wajahmu di antara kerumunan orang2 yak? haha..

    (dzofar.com)

    BalasHapus
  2. ya iyalah mas, orang aku gak kesana owk. Buang waktu, tenaga, duit, bensin.
    *sifat pelitnya keluar

    BalasHapus
  3. aku mas iyot, dijaki muridku ke sono haha, aku mending bobok mas iyot =,=

    BalasHapus

Twitter

Follow by Email