Jumat, Maret 29, 2013
0
Sumber : Design Mas Wijaya


Pekan ini kompetisi blogger Indonesia hampir mencapai puncaknya. Kompetesi yang mulai bergulir sejak awal tahun 2013 ini diikuti 60 blogger yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Memasuki pekan akhir selain dituntut meraih poin penuh dari tantangan yang sudah digulirkan pengelola di awal pekan yang lalu. Tantangan yang kelihatannya sederhana namun sangat menjebak. Tidak seperti pekan-pekan yang lalu dimana hampir semua peserta dapat meraih poin penuh namun di pekan terakhir ini belum tentu semua menaklukkan tantangannya dan mencuri poinnya.
LBI Awarding Night, adalah sebuah acara penghargaan bagi insan perbloggeran di tanah air yang bakal di helat di awal bulan mei 2013 di kota Semarang. Sistem poin yang diperoleh setiap pekannya didapat berdasarkan sistem persepakbolaan kemungkinan awarding ini juga menggunakan sistem yang sama. Bagi insan blogger yang juga hobi mengikuti persepakbolaan nasional maupun internasional pastinya sedikit mengetahui seperti apa dan bagaimana pelaksanaan awarding mereka. Merupakan sebuah anugerah dan kebanggaan apabila bisa sampai kita diundang dan bisa menghadiri acara yang rencana di gelar bertepatan dengan perayaan hari jadi kota Semarang ke 466 ini.
Sebulan sebelum acara puncak malam penghargaan dihelat, logo yang nantinya bakal terpampang nyata sudah tersebar luas dimasyarakat secara tidak langsung. Logo yang terbentuk merupakan ide kreasi teman-teman blogger Semarang yang tergabung dalam Dotsemarang yang divisualisasikan dengan baik oleh mas Wijaya. Pastinya ada alasan-alasan tersendiri membuat dan menciptakan logo seperti diatas. Dan itulah merupakan tantangan kita selaku peserta LBI dalam memberikan penilaian akan maksud, arti dan tujuan dari logonya tersebut. Dan dalam penerawangan saya sebagai seorang mahasiswa akuntansi bahwa logo Liga Blogger Indonesia (LBI), Awarding Night memiliki makna ;
  • Huruf L. Dilihat dari kacamata akuntansi saya, huruf L yang terbagi atas dua bagian dimana yang satu tegak keatas dan sisi lainnya mendatar. Artinya sisi tegak saya ibaratkan Tanah dan mendatar diibaratkan Bangunan. Dimana dalam akuntansi sendiri Tanah tidak pernah mengalami penurunan karena harga tanah disetiap tahunnya selalu naik sedangkan bangunan setiap tahunnya nilai nya berkurang karena adanya depresiasi gedung. Lantas apa hubungannya dengan semua ini? Liga Blogger Indonesia lahir atas dasar keinginan bersama pengurus komunitas blogger Semarang, Dotsemarang. Dalam huruf L tergambar dengan jelas bahwa perjalanan LBI itu tidak serta mulus jalan tol, diawal masa trialnya dulu banyak pihak dan sponsor yang melirik kompetisi ini namun setelah masa aslinya digulirkan nyata pihak-pihak yang dulu melirik justru entah kemana rimbanya. Namun bukan berarti kompetisi itu dihentikan justru hal tersebut sebagai pelecut mereka untuk menjadikan LBI sebagai pembuktian akan keseriusan mereka menjadikan kota Semarang sebagai kota Blogger Indonesia.
  • Huruf B dengan satu sisi setengah lingkaran besar dan yang satunya setengah lingkaran kecil. Dalam dunia akuntansi hal tersebut saya ibaratkan sebagai sebuah perusahaan. Lingkaran besar sebagai Induk Perusahaan sedang sisi kecilnya sebagai Anak Perusahaan. Dimana dalam kegiatan usaha pastinya perlu sokongan-sokongan yang valid dari anak perusahaan sehingga induk perusahaan tersebut semakin solid dan bertahan dari derasnya persaingan pasar. Saya yakin dan percaya bahwa dulu sebelum LBI ini benar-benar ada pastinya ada salah satu pencetus gagasan tersebut. Dan untuk mewujudkan LBI bisa digulirkan pastinya sang pencetus membicarakan secara matang segala sesuatunya kepada rekan dan seperjuangan di Dotsemarang sehingga pada akhirnya bisa terwujud juga. Dalam kehidupan bermasyarakat pun begitu, bahwa kita tidak bisa hidup sendirian dan pastinya butuh orang lain sebagai bagian dalam perjalanan hidup kita.
  • Huruf I kalau boleh diibaratkan adalah Goodwill, yang artinya adalah nilai lebih yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang timbul karena adanya kelebihan dalam beberapa faktor, seperti nama yang terkenal, staff dan personalia yang berkemampuan tinggi atau lokasi perusahaan yang menguntungkan. Kaitannya dalam LBI adalah bahwa untuk menjadi besar tidak hanya cukup dengan ide yang brilliant melainkan juga harus ditunjang dengan orang-orang dibelakang layar yang solid dan satu visi dengan begitu akhirnya bisa dicapai level tertinggi dalam sebuah usaha.
  • Lingkaran penuh seperti hal nya laporan neraca dalam perusahaan. Dalam laporan tersebut terbagi laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan perubahan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Dan pada dasarnya orang awam hanya akan melihat apakah sebuah perusahaan tersebut mengalami laba atau rugi di tahun berjalannya laporan tersebut. Padahal sekalipun pada periode tersebut perusahaan merugi bukan berarti kinerja perusahaan buruk. Begitu juga di LBI. Terkadang terdapat keadaan dimana kompetisi ini menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri namun adakalanya menjadi sebuah boomerang tersendiri manakala apa yang sudah dicurahkan untuk kompetisi ini dianggap biasa aja bahkan terkesan mainan orang yang tidak kerjaan padahal terdapat misi khusus terciptanya kompetisi ini.
  • Bujur Sangkar dilambangkan sebagai investor, sebagai investor harus jeli melihat laporan keuangan beserta laporan-laporan penunjang sebelum menanamkan modalnya kepada sebuah perusahaan. Begitu juga dengan LBI, kita tidak harus melihatnya melalui satu sisi saja untuk menilai baik atau buruknya, hebat atau tidaknya, sukses atau tidaknya sebuah kompetisi. Kita harus melihat dari banyak sisi lain untuk lain, bukannya don't judge a book by it's cover.
  • Pemilihan warna biru tak ubah seperti para pemegang saham dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) yang mana boleh menentukan mau diapakan keuntungan yang diperoleh, mau dibagi atau ditanamkan lagi dalam bentuk saham-saham mereka juga menunjuk seseorang menjadi direksi atau dewan komisaris dalam perusahaan. Begitu juga logo LBI kali ini, warna biru memiliki arti kesetiaan, ketenangan, sensitif dan bisa diandalkan. Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit, meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.
Sampai ketemu di LBI Awarding Night,

AHMAD NURUS SIROT

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email