Kamis, Maret 21, 2013
2
Sumber : Google

Penggunaan smartphone di kalangan masyarakat dewasa ini semakin luas. Salah satu kelebihan ponsel cerdas ini adalah kemampuannya untuk menginstall berbagai macam aplikasi. Untuk mempermudah akses bagi masyarakat, penyedia platform smartphone membuat application store. Keberadaan aplikasi semakin mempermudah para developer untuk memasarkan aplikasinya. Kebutuhan akan media komunikasi khususnya instant messenging pada ponsel pintar di dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga hal tersebut menuntut pengembang untuk lebih produktif dalam menciptakan messenger yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, sampai saat ini sudah tercipta berbagai macam layanan instant messenging yang tersedia bisa menjadi pilihan. Mulai dari layanan multiplatform seperti Google talk, Chat On, Yahoo! Messenger, Whatsapp, Line, WeChat, Kakao Talk hingga yang berplatform tunggal seperti Blackberry Messenger dan Catfiz. Untuk Catfiz sendiri beberapa waktu yang lalu cukup menggebrak instant messenging android khususnya tanah air. Layanan perpesanan yang hanya bisa diinstall di platform android ini memiliki karakter yang hampir sama persis dengan layanan produk RIM, Blackberry Messenger hanya saja yang membuatnya sedikit spesial adalah aplikasi ini buatan anak negeri Indonesia.
Sifat dasar  manusia yang tidak pernah puas dan menuntut lebih inilah yang menjadi pelecut bagi developer (khususnya yang dari Indonesia) untuk selalu berkreasi menciptakan aplikasi perpesanan alternatif. Adalah Gold Messenger, aplikasi untuk kirim pesan gratis seperti diatas yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia. Aplikasi ini tercetus atas ketidakpuasaan mereka sebagai pengguna Blackberry dengan Blackberry Messengernya yang sering pending dan lelet. Hingga akhirnya mereka membuat aplikasi perpesanan yang tidak lelet, tanpa abonemen dan gratis. Bagusnya adalah aplikasi ini bisa di install di semua perangkat, laptop, notebook, dan multiplatform baik symbian, android, windows phone, bahkan java.
Sumber : Google
Informasi yang diperoleh dari website resminya terdapat beberapa alasan kenapa kita harus memakai Gold Messenger dan bukan yang lain, diantaranya :
  1. GRATIS, Kita dapat menggunakan GM tanpa dipungut biaya dan tanpa abonemen.
  2. CANGGIH, Memiliki kecanggihan yang tidak kalah dengan messenger lain. Bahkan GM bisa berkomunikasi antar pengguna PC atau Notebook, Mac, dan mobile divices seperti android, blackbery, iphone, windows phone, symbian, dan java.
  3. TANPA RESIKO, Tidak merusak/menggangu aplikasi lain yang anda miliki. Kita masih bisa menggunakan aplikasi lain seperti BBM, Facebook, SMS, telepon, dll secara normal.
  4. CEPAT, Dapat mengirim pesan teks, gambar, video, audio secara instan tanpa lelet antara lain karena servernya berkapasitas besar dan berlokasi di Indonesia. Bandingkan dengan messenger lain yang servernya berada jauh di luar negeri.
  5. EKONOMIS, Kapanpun dan dimanapun lebih murah dari SMS biasa. Dan lebih murah biaya komunikasinya.
  6. PRIVACY, Menjaga kerahasiaan setiap pesan. Setiap pesan dienkripsi dan tersimpan aman di server. Setiap pesan hanya bisa dibaca oleh orang yang berhak.
Dan setelah mencoba sendiri aplikasi ini dapat saya simpulkan bahwa aplikasi ini masih terkesan jauh dari kata apik dan menarik, karena tampilan yang terkesan biasa saja menjadikannya perlu dilakukan banyak perbaikan. Bila dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya tampilan masih sangat jauh kalah namun untuk urusan kestabilan jaringan dalam berkirim pesan maupun gambar harus saya kasih dua jempol, sangat cepat dan tidak lelet. Dibagian awal saat akan mengunduh juga perlu adanya perbaikan serius dimana saat mendaftar kita harus memasukkan invitor ID, bagaimana dengan orang-orang yang ingin mengunduh dan belum punya teman yang mempunyai ID ini? sangat kesulitan itu pasti dan itu membuat calon customer beralih dengan aplikasi messenging lainnya. Namun terlepas dari itu saya sangat mengapresiasi bakat-bakat dan potensi yang dimiliki anak negeri dalam membangun bangsa ini menjadi bangsa mandiri.

Catatan : Buat yang ingin menginstall Gold Messenger ini silahkan mendaftar terlebih dahulu di situs resminya http://im.zero-price.com/ dan kolom Invitor ID bisa anda masukkan ID saya, iyoth.

Salam anak bangsa mandiri,

AHMAD NURUS SIROT

2 komentar:

Twitter

Follow by Email