Senin, Oktober 05, 2015
0


Untuk kedua kalinya saya liburan sendirian dengan menggunakan angkutan massal keret api. Kota Solo sebenarnya cukup dekat dengan Semarang dan hanya butuh 2,5 - 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Bosan dengan itu saya ingin menikmati dengan kereta api lokal yang membawa saya langsung dari Semarang ke Solo. Bergerombol bersama orang yang sama sekali asing menjadi tantangan tersendiri sembari belajar melatih mental di depan umum.


PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberikan satu kereta yang hanya sekali pemberangkatan, KALIJAGA. Sungguh sangat disayangkan memang mengingat awal dibukanya kembali jalur ini dahulu sempat beberapa kali keberangkatan Semarang - Solo. Namun apabila masyarakat sedikit yang menggunakan angkutan massal favorit ini ya memang keputusan yang diambil manajemen dirasa cukup wajar adanya. Kereta Kalijaga berangkat dari Stasiun Semarang Poncol pukul 08.45 dan berakhir di Stasiun Purwosari (Solo) pukul 11.45 WIB.
Dengan perjalanan 3 jam, Kalijaga ini sangat nyaman tempat duduknya apalagi bila mendapat teman sebangku yang asyik walaupun mereka adalah ibu-ibu. Jujur tempat duduknya masih lumayan enak dibanding kereta lokal ekonomi lain yang ke arah barat Semarang seperti Kereta Kaligung. Namun nyamannya itu masih terselip beberapa kekurangan bila dibandingkan Kereta Kaligung atau Kamandaka.


Kekurangan tersebut diantaranya adalah tidak ada musik atau lagu pengiring yang menemani pengunjung selama 3 jam perjalanan. Tidak adanya pemberitahuan di stasiun mana saat Kereta Kalijaga yang kita tumpangi berhenti. Padahal pemberitahuan tersebut sangat membantu bagi para pengguna angkutan tersebut yang baru pertama kali menggunakan kereta. Hanya mengandalkan jam tiba di stasiun yang dituju yang tercetak jelas dalam tiketnya.
Terasa percuma adanya pengeras suara di setiap gerbong apabila tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Namun dari itu semua terdapat keasyikan tersendiri bepergian dengan kereta api karena kita bakal dimanjakan pemandangan yang sangat jarang kita temui di lingkungan sekitar kita selama ini. Semoga PT KAI selalu mengedepankan kenyamanan penumpang sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang bepergian dengan kereta api ini.

Salam Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email