Minggu, Maret 12, 2017
0

Kala pelesiran ke Batang dahulu, tujuan kita adalah Pantai Jodo namun apa daya karena buta arah malah kesasar sampai ke Pantai Ujungnegoro. Namun akhirnya kali ini ada kesempatan untuk benar-benar bisa mengunjungi Pantai Jodo. Beruntung punya teman yang kebetulan rumahnya satu arah ke pantai tersebut. Pantai Jodo sendiri berada di Dukuh Buntu, Gringsing, Sidorejo, Kabupaten batang, Jawa tengah.


Akses menuju ke Pantainya sangat mudah, banyak petunjuk arah yang sudah disediakan sampai ke pantainya. Dari Semarang, ambil arah selatan menuju Kendal dan lanjut perjalanan sampai perbatasannya. Kemudian traffic light pertama setelahnya ambil arah kanan dan masuk daerah gringsing. Dari situ sudah bahnyak petunjuk jalan yang bisa diikuti. Jalanan sudah cukup bagus namun beberapa bagian memang butuh kewaspadaan kita dalam melewatinya.


Harga tiket masuk sebear Rp 5.000,- per orang dan tiket parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,- per motor. Begitu masuk kawasan pantai kita akan disambut dengan ikon PANTAI JODO yang indah dengan warna kuning yang mentereng. Pantai nya cukup asri dengan banyaknya pohon rindang sepanjang bibir pantai. Karakteristik pantainya masih sama dengan pantai-pantai di kawasan pantai utara. Ombak yang tidak terlalu besar dan pasir hitam yang bisa buat bermain atau mandi di bibir pantainya.


Salah satu daya tarik dari Pantai Jodo ini adalah tebing di sebelah pantai yang sering digunakan wisatawan untuk mendapatkan view pantai yang sangat luas dan menawan. Untuk masuk kawasan tersebut ternyata kita ditarik retribusi sekali lagi sebesar Rp 1.000,- per orang. Tebing tersebut juga menjadi penahan longsor karena dibawahnya merupakan jalur kereta api arah selatan dari Semarang menuju Pekalongan, Pemalang, Tegal bahkan Jakarta.


Bak sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, itulah peribahasa yang pas ketika berkunjung ke Pantai Jodo. Tidak hanya pantainya yang cukup indah, disini kita bisa naik ke tebing yang menawarkan spot pemandangan yang super indah dan memanjakan mata serta sesekali kita bisa melihat kereta api yang melintas. Sebuah tempat wisata yang harus kalian masukkan dalam list liburan tahun ini.


Fasilitas penunjang pun sudah disediakan disini berupa warung serta kamar mandi. Beberapa tempat juga nampak tempat sampah jadi tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan. Melestarikan tempat wisata lebih elok dibanding menikmatinya dan tanpa sadar merusaknya.


Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Follow by Email